Tips Merawat dan Memperbanyak Monstera Lechleriana

Genus Monstera, menurut budaya Tiongkok, melambangkan umur panjang dan rasa hormat. Terkenal karena daunnya yang terbelah dan sifatnya yang subur, Monstera Lechleriana adalah pilihan tanaman hias yang populer di seluruh dunia. Tanaman ini terkait dengan Monstera Adansonii yang legendaris dan memiliki beberapa fitur yang sangat mirip dengannya. Spesies unik ini umumnya mudah tumbuh dan tidak memiliki kebutuhan yang berlebihan.

Harga Monstcera Lechleriana

Tanaman Monstera Lechleriana tumbuh subur di bawah sinar matahari yang terfilter terang dan memiliki kebutuhan penyiraman yang teratur. Mereka menyukai iklim lembab dan tumbuh dengan baik di tanah yang lembab dan memiliki drainase yang baik.

Monstera Lechleriana adalah spesies yang selalu hijau dengan dedaunan yang menarik. Mereka berasal dari keluarga tumbuhan Arum. Hutan hujan Amerika Tengah, termasuk Meksiko dan Panama, merupakan habitat alami tumbuhan aroid ini.

Spesies tropis ini menghasilkan daun yang banyak. Secara alami, dedaunannya berwarna hijau dan memiliki tampilan daun terbelah yang khas. Karena mereka tumbuh secara alami di hutan hujan, Lechleriana cenderung memanjat batang pohon. Tanaman Lechleriana dapat mencapai ketinggian yang tinggi jika diizinkan.

Daunnya, dibandingkan kerabat dekatnya, Monstera Adansonii, umumnya berukuran lebih besar. Saat tanaman tumbuh, mereka memunculkan daun besar dan subur yang sering berlubang di dekat urat tengahnya. Monstera Lechleriana memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat. Daunnya yang matang biasanya menyebar saat tanaman memanjat lebih tinggi.

Genus Monstera memiliki setidaknya 48 spesies, dengan sebagian besar tumbuh di alam liar. Semua varietas Monstera berbeda satu sama lain dalam ukuran, warna, dan susunan lubang. Terlepas dari penampilan daun berlubangnya yang ikonik, mereka sering disalahartikan dengan spesies lain.

Salah satu penjelasan untuk ini adalah bahwa daun tanaman Monstera mengalami beberapa perubahan selama fase pertumbuhannya. Tanaman Monstera remaja bisa terlihat sangat berbeda dari bentuk dewasanya. Tanaman Lechleriana umumnya membutuhkan sedikit perawatan. Ini adalah spesies yang kokoh dan dapat bertahan lama jika diberikan perawatan yang tepat.

Perawatan Tanaman Dasar untuk Monstera Lechleriana

Tanah

Monstera berasal dari lahan basah di hutan hujan. Tanaman tropis cantik ini menyukai tanah yang kaya nutrisi, lembab, dan organik. Kami sarankan Anda menggunakan tanah yang memiliki drainase yang baik dan tidak terlalu basah. Anda dapat menggunakan campuran media tanam berkualitas baik yang mengandung moss.

Pastikan jika Anda memasukkan Monstera Lechleriana ke dalam pot yang memiliki lubang drainase bagus. Jika media tanam menampung terlalu banyak air, ini dapat menyebabkan busuk akar, yang bisa menjadi bencana total bagi pemelihara tanaman rumahan.

Ingatlah untuk menjauhi tanah yang terlalu berlumpur, kering, atau berpasir. Lechleriana juga tidak tumbuh dengan baik di tanah pot yang mengandung kulit kayu atau kompos.

Air

Monstera Lechleriana adalah tanaman yang menyukai air. Namun seperti pada kebanyakan tanaman, penyiraman berlebihan dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi dan kemungkinan kematian.

Kami menyarankan Anda untuk mempertahankan rutinitas penyiraman rutin untuk spesies unik ini. Selama musim kemarau saat suhu tinggi, jaga agar tanah tanaman tetap lembab, tetapi tidak basah.

Jika Anda kesulitan menilai kadar air tanah, gunakan jari Anda untuk mempermudahnya. Masukkan salah satu jari Anda ke dalam 5 cm bagian atas media tanam dalam pot. Jika dirasa terlalu basah, biarkan mengering sebentar. Setelah relatif kering, baru sirami tanaman Lechleriana Anda.

Anda dapat menyirami Monstera Lechleriana sekali atau maksimal dua kali seminggu, jika perlu. Siram sampai Anda melihat air mengalir keluar dari dasar pot tanaman. Pastikan pot yang menampung tanaman Anda memiliki lubang drainase yang mencegah penumpukan air. Pot yang berdrainase baik akan memungkinkan kelebihan air mengalir keluar, menjauh dari akar tanaman.

Perhatikan baik-baik tanaman Lechleriana Anda, karena keindahan tropis ini tidak menghasilkan lubang khasnya jika lingkungannya terlalu kering atau terlalu dingin. Ciptakan keseimbangan antara dua ekstrim kelembaban dan kekeringan.

Cahaya

Spesies Monstera Lechleriana secara alami tumbuh di hutan hujan sehingga sebagian teduh oleh pepohonan. Oleh karena itu, mereka tidak toleran terhadap sinar matahari langsung. Mereka tumbuh subur di bawah sinar matahari tidak langsung yang terang, dengan sekitar 70% sampai 85% sinar matahari.

Ingatlah untuk menjauhkannya dari area yang terkena sinar matahari langsung tanpa filter, karena tanaman Lechleriana dapat menderita luka bakar daun. Demikian pula, jangan letakkan tanaman Anda di tempat teduh, jauh dari cahaya. Ini dapat menyebabkan sedikit atau tidak ada pertumbuhan tanaman.

Yang terbaik adalah menempatkan tanaman Monstera Lechleriana Anda dekat dengan jendela tempat cahaya tidak langsung jatuh. Jika rumah Anda tidak memiliki tempat seperti itu, gunakan lampu tanam buatan. Sebagai alternatif, Anda dapat mengikat kain ke jendela, yang hanya akan memungkinkan cahaya menyebar untuk bersentuhan dengan tanaman Lechleriana.

Suhu

Hutan hujan Amerika Tengah adalah rumah bagi spesies tropis ini. Meskipun tumbuhan Monstera Lechleriana tumbuh secara alami di iklim yang relatif hangat, mereka dapat bertahan hidup dalam berbagai suhu. Kisaran suhu optimal untuk Lechleriana adalah 12 hingga 26 derajat Celsius.

Saat ditanam di dalam ruangan, mereka umumnya lebih kuat dari tanaman hias lainnya. Pastikan Monstera Lechleriana Anda dijauhkan dari jendela yang terbuka dan unit pemanas / pendingin, karena dapat menyebabkan fluktuasi suhu.

Kelembaban

Untungnya, Monstera dapat menahan tingkat kelembapan yang tidak menguntungkan lebih lama dari tanaman hias lainnya. Namun seperti yang diharapkan dari tanaman hutan hujan, Lechleriana menyukai lingkungan mereka yang cukup lembab.

Perkiraan kasar untuk tingkat kelembapan optimal untuk tanaman Lechleriana adalah 50% hingga 60%. Biasanya, rumah memiliki kelembaban sebanyak ini. Meskipun demikian, jika Anda ingin meningkatkan kelembapan rumah, Anda dapat menggunakan humidifier atau mengelompokkan tanaman hias Anda.

Pertama, periksa tingkat kelembapan di rumah Anda. Pilihan yang baik untuk melakukan ini adalah dengan membeli higrometer, perangkat yang secara akurat mengukur kelembapan di sekitarnya. Jika kurang dari level optimal, Anda bisa memanfaatkan humidifier.

Jika Anda lebih suka melakukan hal-hal dengan cara organik, Anda dapat menempatkan nampan berisi kerikil dan air di sekitar tanaman Lechleriana Anda. Cara lain adalah dengan menyatukan semua tanaman hias Anda, sehingga ada distribusi kelembapan yang lebih baik.

Jika Anda melihat ujung daun Monstera Lechleriana berubah kecokelatan atau renyah, yang mengindikasikan tekanan kelembapan, pastikan untuk memeriksa tingkat kelembapan dan menyesuaikannya lagi.

Pupuk

Anda mungkin terkejut mengetahui betapa sedikitnya kebutuhan nutrisi tanaman Lechleriana, mengingat ukurannya yang besar. Mereka hanya perlu diberi pupuk beberapa kali sepanjang tahun, membuat segalanya lebih mudah bagi pemiliknya.

Untuk memastikan bahwa Monstera Lechleriana Anda tumbuh menjadi tanaman yang dewasa dan sehat, tambahkan sedikit pupuk kira-kira 15 cm dari pangkal tanaman, tiga kali setahun. Gunakan pupuk slow release yang berkualitas baik dan sebaiknya dibuat khusus untuk Monstera.

Jika Anda tidak ingin menggunakan produk slow release dan ingin memberi nutrisi tanaman Anda secara teratur, gunakan pupuk cair setiap dua minggu sekali. Meski tanaman ini tahan banting, jangan lupa untuk tetap memberinya nutrisi tambahan. Jika dibiarkan tidak dipupuk, perkembangannya akan melambat secara signifikan dan akhirnya tanaman bisa mati.

Repotting

Monstera Lechleriana tumbuh dengan sangat baik di dalam ruangan. Namun untuk pertumbuhan yang sehat, akarnya harus memiliki ruang yang cukup. Tumbuhan apa pun, termasuk Lechleriana, akan berhenti tumbuh jika akarnya sudah memenuhi pot (rootbound).

Monstera Lechleriana yang masih muda dapat tumbuh dengan baik di dalam pot yang berdiameter 20 hingga 25 cm. Namun ketika Anda mulai melihat pertumbuhan yang lebih lambat atau daun yang mengering, sekarang saatnya untuk merepotingnya.

Pot baru yang Anda pilih sebaiknya berukuran lebih besar, berventilasi baik, dan memiliki drainase yang baik. Anda dapat memilih pot plastik tradisional, yang dapat menampung tanaman dengan baik, atau Anda dapat memasukkannya ke dalam pot mewah untuk dekorasi. Ingatlah bahwa semakin longgar akar tanaman, semakin tinggi dan sehat pertumbuhannya.

Pemangkasan

Umumnya saat dewasa, tanaman Monstera Lechleriana memakan banyak tempat. Jadi, memangkasnya dari waktu ke waktu adalah ide yang bagus.

Anda dapat memangkas Lechleriana Anda hanya untuk tujuan kontrol ukuran. Dengan hijaunya yang subur dan dedaunan yang unik, tanaman cantik ini bisa tampil menawan di setiap sudut rumah. Namun jika memakan terlalu banyak ruang, itu bisa terlihat agak ramai, atau dengan kata sederhana, kurang cantik.

Jika Anda ingin tanaman Lechleriana Anda terus tumbuh subur tanpa melebihi ruang yang dialokasikan, potong satu atau dua batang dengan hati-hati dengan pisau / gunting pemangkasan. Alasan lain pemangkasan adalah adanya daun kuning atau coklat.

Seringkali, daun tanaman Lechleriana menguning atau sangat kering karena kekurangan gizi, usia tua, atau penyakit. Untuk tujuan estetika, Anda bisa memetik daun ini agar terlihat lebih menarik. Ingatlah untuk menyemprot tanaman Anda dengan air dari waktu ke waktu. Seka kelembapan yang berlebihan untuk meminimalkan kemungkinan serangan hama atau infeksi bakteri.

Perbanyakan

Untungnya, memperbanyak Monstera cukup mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah tanaman Monstera Lechleriana, gunting, wadah berisi campuran tanah yang tepat, dan sedikit air. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Metode Stek Batang

– Potong batang tanaman Lechleriana Anda yang memiliki beberapa ruas atau daun.

– Siapkan pot dengan campuran media tanam yang sesuai dan tambahkan air.

– Pastikan pot memiliki sistem drainase yang baik.

– Sekarang masukkan potongan batang Anda ke dalam pot dan tambahkan lebih banyak tanah dan air jika perlu.

– Selanjutnya, letakkan potongan batang Anda di tempat dengan sinar matahari tidak langsung yang cerah dan biarkan beberapa akar tumbuh.

– Setelah Anda melihat beberapa akar atau dedaunan baru tumbuh dari tanaman, pindahkan ke pot yang lebih besar untuk memudahkan pertumbuhan.

Diperlukan waktu sekitar 2-4 minggu agar tanaman Anda mulai menumbuhkan akar. Jadi, setelah memperbanyaknya, duduk dan rileks sementara tanaman melakukan tugasnya.

Bunga

Monstera Lechleriana adalah spesies yang luar biasa dengan dedaunan yang unik dan menarik. Namun kebanyakan tidak menghasilkan bunga. Bunga jarang terlihat pada spesies tropis ini, terutama pada tanaman Lechleriana yang ditanam di dalam ruangan.

Pertumbuhan

Tanaman Monstera Lechleriana memiliki tingkat pertumbuhan sedang. Tanaman Lechleriana sangat produktif dan bisa mencapai ketinggian yang luar biasa. Di hutan hujan, tanaman merambat epifitnya tumbuh di batang bawah pohon besar. Mereka dapat tumbuh setinggi sekitar 15 hingga 25 cm bila diberikan perawatan dan lingkungan yang tepat.

Tanaman menjalar terestrial ini memiliki ruas yang biasanya berukuran 1 hingga 6 cm. Daun Monstera Lechleriana besar dan mengkilap, dan saat dewasa, membentuk belahan yang khas.

Masalah Umum Monstera Lechleriana

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Monstera Lechleriana adalah tanaman kuat yang dapat bertahan dalam kondisi yang tidak menguntungkan untuk waktu yang cukup lama. Namun beberapa masalah seperti di bawah ini dapat muncul dari waktu ke waktu:

Daun Kuning

Jika daun tanaman Lechleriana Anda menguning, atau lebih buruk lagi menjadi cokelat, ada berbagai macam alasan. Salah satu alasan umum adalah overwatering atau underwatering.

Periksa tanah tanaman Monstera Lechleriana Anda untuk melihat apakah tanaman itu membutuhkan air. Jika beberapa cm teratas sudah kering, sekarang saatnya menambahkan air. Sebaliknya, jika terasa terlalu basah atau lengket, Anda harus berhenti menyiraminya dan membiarkannya selama beberapa jam, hingga tanahnya cukup kering.

Alasan lain bisa jadi karena sinar matahari yang tidak memadai. Pastikan tanaman Lechleriana Anda mendapatkan sinar matahari yang cukup. Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari terfilter terang. Selain itu, serangan hama atau infeksi jamur juga bisa menjadi penyebabnya. Cari semprotan antijamur atau antibakteri dan semprotkan pada tanaman Anda. Demikian pula, pastikan peralatan berkebun Anda bersih dan steril sebelum digunakan.

Pertumbuhan Lambat

Jika Lechleriana Anda tumbuh jauh lebih lambat dari biasanya, itu berarti tanaman tidak mendapatkan cukup sinar matahari atau akarnya penuh melingkar. Lechleriana Anda mungkin menderita pertumbuhan yang lambat atau terhambat jika ditempatkan di bawah sinar matahari yang tidak cukup atau tidak ditempatkan di bawah sinar matahari sesering yang seharusnya.

Untuk memperbaiki kerusakan, paparkan ke sinar matahari yang berbintik-bintik terang. Kemungkinan besar tanaman akan mulai tumbuh secara normal. Jika Anda melihat tanaman Lechleriana Anda layu atau akarnya tumbuh keluar dari potnya saat ini, segera masukkan ke pot yang lebih besar dan memiliki drainase yang baik.

Serangan Hama

Jika bakteri atau hama telah menginfeksi tanaman Monstera Lechleriana Anda, belilah semprotan antibakteri atau sabun antibakteri sesegera mungkin. Basahi tanaman Anda dengan semprotan secara menyeluruh atau cuci dengan sabun.

Juga, perhatikan tanah tanaman karena tanah yang terlalu basah meningkatkan kemungkinan serangan hama atau infeksi tungau laba-laba. Sirami tanaman hanya jika diperlukan dan bersihkan kelembapan berlebih setelah penyiraman. Selain itu, gunakan hanya pot yang bisa bebas mengalirkan air keluar untuk tanaman Lechleriana Anda. Dan jangan lupa, jaga kebersihan peralatan berkebun agar bebas kuman.

Tips untuk Menumbuhkan Monstera Lechleriana

Ikuti tips mudah berikut untuk memastikan pertumbuhan yang cepat dan sehat:

– Karena spesies Lechleriana adalah spesies yang memanjat, beri mereka turus untuk melekat. Misalnya, Anda dapat membeli turus tanaman dan membiarkan tanaman Lechleriana tumbuh di atasnya.

– Jika di dalam ruangan, taruh tanaman Monstera Lechleriana di bawah sinar matahari tidak langsung yang terang dan tersaring. Namun jika ditanam di luar ruangan, letakkan tanaman Lechleriana di tempat teduh parsial atau berikan waktu untuk beradaptasi dengan sinar matahari yang lebih keras atau lebih langsung.

– Jangan menyiramnya karena tanaman akan menderita busuk akar atau layu. Ikuti rutinitas penyiraman hanya dua minggu sekali.

– Tanam dalam pot yang cukup besar, berventilasi baik, dan drainase yang baik.

Tanya Jawab tentang Monstera Lechleriana

Apakah Monstera Lechleriana membutuhkan banyak sinar matahari?

Monstera Lechleriana tidak membutuhkan sinar matahari yang berlebihan. Namun sinar matahari tidak langsung yang cerah dan berbintik-bintik sangat cocok untuk tumbuh sehat dan tinggi.

Bagaimana membuat Monstera Lechleriana tumbuh lebih cepat?

Tempatkan tanaman Lechleriana Anda di tempat terang dengan sinar matahari tidak langsung yang terfilter di dalam pot yang berventilasi dan berdrainase baik. Beri pupuk tiga kali setahun dan sirami jika diperlukan. Dan terakhir, bersabarlah.

Mengapa Monstera Lechleriana saya layu?

Penyebab paling mungkin untuk hal ini adalah tanah yang terlalu basah atau terlalu kering. Periksa tanah tanaman Anda dan sirami dengan benar.

Bagaimana saya tahu apakah saya telah berlebihan dalam menyiram Monstera Lechleriana saya?

Daun tanaman Monstera Lechleriana Anda akan menguning, coklat, atau hitam. Kurangi frekuensi penyiraman tanaman untuk mengatasi masalah ini.

Kesimpulan

Tidak diragukan lagi, Monstera Lechleriana adalah tanaman indah dengan dedaunan terbelah yang unik yang dapat membuat setiap sudut rumah Anda terlihat penuh warna dan hidup. Dengan sedikit perawatan, mereka bisa bertahan selama bertahun-tahun. Namun Lechleriana adalah tanaman beracun jika tertelan, jadi jauhkan dari anak-anak dan hewan peliharaan Anda.

Komentar