Panduan Perawatan dan Perbanyakan Syngonium Wendlandii

Menurut kepercayaan Cina, tanaman tidak hanya menghiasi rumah Anda tetapi juga mengirimkan energi yang memengaruhi kesehatan mental Anda. Syngonium dianggap sebagai tanaman Feng Shui yang sempurna. Anda pasti akan jatuh cinta dengan setidaknya satu varietas Syngonium karena ada berbagai macam bentuk dan warna daun.

Harga Syngonium Wendlandii

Hari ini di artikel ini, kami membahas Syngonium Wendlandii yang mungkin bisa menjadi tanaman hias favorit Anda berikutnya. Wendlandii adalah tanaman yang tumbuh lambat tapi mudah tumbuh dan dirawat. Tanaman ini membutuhkan penyiraman secara teratur, media tanam yang bisa mengalirkan air dengan baik, dan pupuk yang seimbang untuk pertumbuhan.

Syngonium Wendlandii berasal dari daerah tropis Amerika Tengah dan Selatan. Ini adalah salah satu dari dua spesies Syngonium yang terkenal; yang lainnya adalah Syngonium Podophyllum.Tanaman ini termasuk dalam famili tumbuhan Araceae dan disebut juga tumbuhan Silver Goosefoot karena daun remaja berbentuk kaki angsa. Tanaman mata panah ini termasuk dalam kategori tanaman merambat dan pemanjat.

Alasan utama memilih tanaman ini sebagai tanaman rumah Anda adalah karena sifat pembersih udara. Tanaman Syngonium Wendlandii menyerap racun dari dalam ruangan sehingga Anda bahkan dapat menanamnya di area lobi lift atau tempat parkir mobil.

Tanaman ini juga akan menyerap bau dari udara, yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk tempat-tempat dengan sedikit atau tanpa ventilasi udara. Ini memiliki tingkat transpirasi yang tinggi; itulah mengapa akan membantu untuk meningkatkan kelembapan di dalam ruangan.

Yang paling menarik, tanaman evergreen ini memiliki dedaunan variegata dalam nuansa hijau, putih, dan perak. Sebagai tanaman hias, Anda bisa menumbuhkannya sebagai tanaman gantung, membiarkan tanaman merambat menjuntai dari pot atau memberikan dukungan agar tumbuh sebagai pemanjat.

Perawatan dasar tanaman untuk Syngonium Wendlandii

Tanah

Tanam Syngonium Wendlandii dalam media porous yang bisa membuang air secara bebas. Media tana juga harus memiliki sifat retensi kelembaban yang sangat baik. Kisaran pH tanah yang ideal adalah antara 6 -7,5.

Tanaman ini memiliki sistem akar angin. Jadi wadah yang Anda gunakan harus memiliki opsi drainase yang baik dengan setidaknya satu lubang drainase. Anda bisa menyiapkan substrat sendiri dengan mengambil 4 bagian tanah per 1 bagian pasir. Jika Anda tidak memiliki akses ke pasir berkualitas baik, Anda dapat menggantinya dengan andam atau cacahan pakis.

Air

Tanaman ini memiliki kebutuhan penyiraman rata-rata tetapi harus disiram secara teratur. Sirami tanaman tiga kali dalam seminggu di malam hari. Jaga tanah tetap lembab di bulan-bulan musim panas, saat penyiraman guyur tanah sampai air mulai mengalir dari bawah.

Anda harus membiarkan tanaman mengering sebagian sebelum penyiraman berikutnya; pendekatan terbaik adalah membiarkan beberapa cm bagian atas tanah mengering. Kurangi penyiraman di bulan-bulan musim dingin, tetapi jangan biarkan tanaman mengering sepenuhnya.

Tanaman Syngonium Wendlandii tidak akan mentolerir tanah basah sama sekali. Pada saat yang sama, penyiraman yang kurang akan menyebabkan daun bagian bawah mengering dan berubah warna menjadi coklat. Untuk merehidrasi tanaman, guyur tanah dalam air.

Ingatlah bahwa jumlah cahaya yang disediakan dan musim saat ini akan mengontrol frekuensi penyiraman per minggu. Tanaman yang terletak di daerah gelap membutuhkan lebih sedikit air dibandingkan dengan yang ada di lokasi terang.

Bersihkan daun seminggu sekali dengan menggunakan air dalam botol semprot. Daunnya memiliki lubang kecil yang bisa tersumbat partikel debu. Ini akan menyulitkan tanaman untuk bernapas, dan tanaman Anda akan mulai mati. Jangan biarkan dedaunan tetap basah dalam waktu lama karena hal ini dapat menyebabkan jamur.

Jika Anda tinggal di iklim kering, Anda mungkin harus menyirami tanaman ini setiap hari. Syngonium Wendlandii membutuhkan penyiraman secara teratur, tetapi untuk melindungi dari busuk akar, pastikan tanah tidak tergenang air.

Cahaya

Kebutuhan pencahayaan untuk tanaman ini sederhana, cahaya terfilter terang tanpa sinar matahari langsung. Jika Anda menggunakan lampu artifisial, sebaiknya ketinggiannya 20-40 cm di atas tanaman.

Tanaman ini dapat ditanam di area teduh di luar ruangan yang tidak mendapatkan banyak cahaya langsung. Satu jam sinar matahari langsung baik-baik saja untuk pertumbuhan tanaman luar ruangan. Tukang kebun dan nursery profesional mengatakan bahwa Syngonium Wendlandii dapat mentolerir cahaya rendah dan terang.

Tetapi jika Anda ingin tanaman Anda tumbuh lebih cepat dan mempertahankan daunnya yang berwarna cerah, sebaiknya taruh di tempat dengan cahaya sedang hingga terang. Dalam kondisi kurang cahaya, daun bisa kehilangan variegasinya.

Di daerah subtropis, letakkan di tempat teduh parsial dan tanaman Anda akan tumbuh dengan baik. Hindari paparan sinar matahari yang berkepanjangan; itu akan menghanguskan daun yang merusak dedaunan yang indah.

Demikian pula, menaruh tanaman Anda di lokasi gelap akan mengurangi variegasi dan meningkatkan kemungkinan tumbuhnya jamur di tanah. Jadi pilihlah lokasi dengan naungan parsial untuk pertumbuhan optimal.Syngonium Wendlandii adalah salah satu tanaman dalam ruangan termudah untuk pemula. Kami menyarankan untuk bereksperimen dan mengamati apa posisi terbaik untuk tanaman Anda.

Suhu

Pada siang hari, suhu ruangan harus antara 15 – 30 derajat Celcius, suhu malam hari harus 12-18 derajat Celcius. Tanaman ini sama sekali tidak tahan beku, jadi jangan simpan di suhu di bawah 10 derajat Celcius. Tanaman Syngonium Wendlandii tidak dapat mentolerir perubahan suhu yang tiba-tiba; Oleh karena itu, usahakan untuk mempertahankan suhu yang konstan sepanjang tahun.

Kelembaban

Perawatan tanaman yang tepat untuk spesies ini termasuk menjaga kelembapan. Tingkat kelembaban 60-80% pada siang dan malam hari akan menguntungkan Syngoniumn Wendlandii. Jika Anda melihat ada ujung daun coklat dengan lingkaran cahaya kuning, tanaman Anda pasti membutuhkan lebih banyak kelembapan.

Kelembaban tinggi lebih disukai, tetapi kelembaban rumah rata-rata berkisar antara 40-50% juga dapat diterima untuk tanaman ini. Anda dapat menggunakan nampan kerikil untuk menjaga tingkat kelembapan yang baik.

Pupuk

Gunakan pupuk NPK organik selama 2 hingga 3 bulan selama musim tanam. Larutkan 2-3 gram pupuk dalam 1 liter air dan semprotkan campuran tersebut ke tanaman. Pupuk tanaman dengan campuran ini sebulan sekali.

Sebagai alternatif, Anda dapat memberi pupuk Syngonium Wendlandii setiap dua minggu dengan pupuk tanaman rumah seimbang yang diencerkan hingga setengah kekuatan Pilihan lainnya adalah pupuk lepas lambat atau menggunakan pupuk organik seperti kompos. Dengan pupuk lepas lambat, gunakan senyawa kalsium untuk meningkatkan pH tanah.

Hindari pemupukan berlebihan karena penumpukan garam dan bahan kimia dapat membakar akar, menyebabkan pertumbuhan terhambat dan daun menguning seiring waktu.

Repotting

Spesies Syngonium ini akan tumbuh dengan baik di pot kecil, tetapi jika tanaman sudah tumbuh besar, pindahkan ke pot yang lebih besar. Anda dapat menggunakan media kompos standar apa pun saat merepoting selama ringan dan berdrainase baik.

Salah satu faktor pembeda tentang Wendlandii adalah kemampuannya untuk merayap dan secara bertahap mengambil alih area yang bersebelahan. Jadi sebaiknya repotting setelah 2 tahun. Gunakan pot yang dangkal karena akarnya tidak terlalu dalam untuk Syngonium Wendlandii.

Pemangkasan

Pangkas tanaman Silver Goosefoot Anda secara berkala jika tumbuh semak. Bagian yang menyenangkan tentang tanaman ini adalah Anda dapat menumbuhkannya sebagai tanaman yang padat dan lebat, atau mengagumi sifat memanjatnya dan menumbuhkannya tinggi di atas batang lumut. Jepit batangnya untuk mendorong pertumbuhan baru.

Dengan menggunakan peralatan berkebun yang disterilkan, buang daun dan sisa tanaman yang menguning atau sekarat untuk mendorong pertumbuhan yang lebih baik. Ini akan mengurangi kemungkinan penyakit bakteri atau jamur. Saat memangkas, jangan mencabut akar angin atau runner yang tumbuh di sepanjang batang, karena dapat menyebabkan tanaman stres.

Perbanyakan

Perbanyakan melalui stek batang atau tunas batang adalah pilihan terbaik untuk Syngonium Wendlandii. Kebersihan alat yang baik adalah elemen penting untuk keberhasilan perbanyakan. Pemotong atau pisau pemangkas harus bebas dari kotoran dan disterilkan dengan alkohol gosok.

Jika Anda tidak mendisinfeksi alat Anda, ada risiko tinggi menginfeksi tanaman induk dan tanaman yang baru diperbanyak. Sirami tanah 24 jam sebelum Anda mengambil setek; ini akan mengurangi risiko syok transplantasi.

Stek batang:

– Untuk stek batang, pilih batang setengah kayu yang bisa sedikit ditekuk. Jangan gunakan batang yang sakit atau lemah, karena kemungkinan besar tidak akan berakar dengan baik. Sebelum melanjutkan, buang bagian bawah daun.

– Gunakan campuran tanah yang teraerasi dengan tekstur lembut dan perlit. Pot 7 cm ideal untuk menanam stek baru, tetapi pastikan pot memiliki lubang drainase. Tempatkan cuttingan secara vertikal di tengah sedalam 2 cm di dalam lapisan tanah.

– Tempatkan pot di dalam tas atau kotak transparan. Lingkungan yang terbatas ini akan meningkatkan kelembapan dan mengurangi laju transpirasi.

– Buka kantong setiap beberapa hari untuk sirkulasi udara. Pastikan campuran pot benar-benar lembab dan tidak basah. Anda tidak perlu terlalu sering menyiram tanaman, kelembapan di dalam kantong transparan akan menghidrasi daun dan batang.

– Posisikan wadah di titik terang dengan cahaya tidak langsung jauh dari sumber panas dan pertahankan suhu sekitar 18 derajat celsius untuk perkembangan akar.

– Dalam beberapa minggu (kira-kira 8 minggu) akar akan berkembang, Anda dapat mencabut kantong setelah daun baru mulai tumbuh.

Stek tunas batang:

– Jika Anda ingin memperbanyak melalui stek tunas batang, ambil bagian yang panjangnya sekitar 10 cm, dengan sistem akar kecil sudah terpasang padanya. Jika Anda tidak memiliki akar pada bagian tunas batang, Anda dapat memperbanyaknya di air alih-alih menanam di tanah.

– Perbanyakan air memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi untuk Syngonium Wendlandii karena perakarannya lebih cepat di air. Anda harus mengganti air setiap sepuluh hari dan membuang daun-daun yang mati.

– Mengganti air juga diperlukan untuk menghindari pertumbuhan bakteri. Air basi dapat menampung bakteri yang menyebabkan busuk batang dan akar. Setiap langkah lain untuk perbanyakan air serupa dengan yang disebutkan sebelumnya.

– Setelah akarnya mencapai 3 cm atau lebih, setek baru Anda siap ditanam di wadah permanennya. Tempatkan tanaman muda dalam pot dengan media tanah berbasis gambut. Selalu gunakan kompos yang segar atau disimpan dengan baik untuk penanaman.

– Ikuti langkah-langkah perawatan yang dibahas dalam artikel ini untuk membantu cuttingan tumbuh menjadi tanaman yang kokoh.

Bunga

Syngonium Wendlandii memiliki bunga kecil berwarna putih krem ​​dengan seludang kehijauan seperti tudung dan pangkal bulat di sepanjang tongkol seperti jari. Bunga mungil ini muncul berkelompok di dekat bagian bawah.

Bunga jarang muncul pada tanaman khusus ini ketika ditanam sebagai tanaman hias dalam ruangan. Tetapi beberapa orang melihatnya muncul pada tanaman di taman luar ruangan. Bunga Syngonium Wendlandii biasanya terlihat pada tanaman merambat dewasa; tanaman muda tidak berbunga sama sekali.

Pertumbuhan

Tanaman Syngonium Wendlandii memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat, tetapi tanaman yang dewasa sepenuhnya memiliki tinggi 1,5 meter dan lebar 60 cm. Tanaman ini akan compact saat kecil, tetapi saat dewasa mereka akan menyebar ke segala arah. Berikan tanaman dukungan yang memadai untuk memanjat ini dan Anda dapat menikmati tanaman merambat yang panjang.

Wendlandii memiliki daun beludru hijau tua pada batang panjang dan urat tengah berwarna keperakan. Variasi perak pada pelepah daun merupakan ciri paling khas yang menyerupai bulu. Aroid panjat ini memiliki daun bermotif yang berubah-ubah saat tanaman dewasa. Saat tanaman masih muda daunnya berbentuk hati, dan saat dewasa daunnya menjadi lebih berbentuk panah dan tidak memiliki tanda putih. Setiap daun memiliki keunikan dengan bentuk panah yang khas.

Tanaman akan mencapai ketinggian puncaknya dalam 5-10 tahun.

Masalah Umum Syngonium Wendlandii

Bercak daun

Infeksi jamur menyebabkan bercak daun berwarna coklat atau kuning. Gunakan pupuk nitrogen rendah dan gunakan mancozeb untuk melindungi tanaman dari kerusakan lebih lanjut. Untuk mencegah pertumbuhan jamur apa pun pada Syngonium Wendlandii, Anda harus menghindari penyiraman yang berlebihan dan suhu tinggi.

Busuk akibat bakteri

Banyak pemilik melihat syngonium miliknya terserang penyakit busuk akibat bakteri. Tanaman yang terinfeksi memiliki bintik-bintik hijau tua di daun dan bau yang tidak sedap. Daun bagian bawah akan mulai layu dan mati. Keluarkan tanaman Syngonium dari pot dan periksa akarnya. Jika warnanya kuning dan keras, tanaman itu bagus untuk ditanam. Tetapi jika ada yang berwarna coklat dan lembek, akarnya mungkin sudah membusuk.

Serangga sisik

Hama tanaman rumahan yang umum ini cukup merusak. Serangga ini memakan getah dan mengeluarkan cairan manis, yang membuat dedaunan tampak berkilau dan lengket. Indikasi lainnya adalah benjolan coklat pada daun. Ini tidak hanya merusak tanaman tetapi juga membuatnya rentan terhadap penyakit lain.

Untuk membunuh serangga sisik, gunakan alkohol isopropil, celupkan kapas ke dalamnya dan oleskan pada serangga sisik. Kemudian kikis serangga sisik yang mati dari tanaman.

Thrips

Jika tanaman muda memiliki daun yang menyimpang dan menguning, kemungkinan terinfeksi thrips.  Semprot tanaman dengan fungisida berbasis tembaga dan oleskan minyak organik, seperti minyak neem.

Kutu daun

Ketika tanaman Syngonium Wendlandii dihinggapi kutu daun, daun baru berubah bentuk dan menguning. Dedaunan dan batangnya juga tercakup dalam jamur jelaga. Kutu daun banyak ditemukan pada daun muda. Rawat tanaman Anda dengan insektisida diikuti dengan minyak neem untuk menghilangkan kutu daun.

Tungau laba-laba

Mereka adalah hama pengisap klorofil kecil yang dapat menyebabkan kerusakan jika tidak ditangani. Area inang untuk hama tersebut adalah di bawah daun, lubang-lubang kecil antara batang & tangkai daun, dan area sepanjang pelepah. Periksa area ini secara teratur saat menyiram atau bersihkan tanaman untuk melihat adanya infestasi. Anda dapat menyingkirkannya dengan semprotan / sabun hortikultura atau insektisida.

Kutu putih

Jika pertumbuhan baru pada Syngonium Wendlandii tampak terdistorsi dengan substansi keputihan di ketiak daun, tanaman tersebut mungkin terinfeksi kutu putih. Tanaman hias ini dapat dirawat dengan alkohol isopropil atau minyak neem.

Overwatering, under watering, dan sinar matahari langsung yang berlebihan semuanya menciptakan masalah untuk tanaman merambat ini. Penyiraman yang berlebihan mendorong pembusukan akar, yang dapat menyebabkan tanaman mati karena akar tidak dapat mensirkulasikan kelembapan dan nutrisi di atas tanah karena tergenang air.

Daun bagian bawah akan mulai menguning, bercak daun coklat, hitam, atau kuning akan muncul, dan batang, akar akan mulai membusuk. Syngonium Wendlandii yang kurang disiram mulai mengering, menyebabkan dedaunan memudar atau berubah kecokelatan.

Sengatan matahari atau terik akibat sinar matahari langsung yang berkepanjangan juga akan menyebabkan tanaman menjadi kering. Dedaunan yang variegata akan berubah menjadi coklat, dan kesehatan tanaman akan menurun.

Merupakan praktik yang baik untuk memeriksa hama dan penyakit pada dedaunan dan batang saat menyiram atau menyemprot tanaman Anda.

Tips untuk Merawat Syngonium Wendlandii

– Putar pot secara teratur agar tanaman bisa tumbuh secara merata.

– Keringkan media tanam untuk menghindari peningkatan risiko daun menguning dan pertumbuhan yang lemah karena overwatering.

– Repot tanaman setiap setahun sekali. Guyur secara menyeluruh selama 24 jam untuk mengurangi kerusakan akar akibat syok transplantasi.

– Jangan memadatkan tanah saat meletakkan setek di tanah. Ini akan memaksa oksigen di atas garis tanah, membuat akar mati lemas.

– Selalu gunakan air hangat untuk perbanyakan air atau penyiraman agar tanaman tidak stres.

– Partikel debu menyumbat pori-pori daun sehingga mengurangi efisiensi tanaman dalam menangkap cahaya. Anda dapat menyeka atau menyemprot bagian atas daun sebulan sekali untuk menghilangkan debu yang menumpuk.

Pertanyaan yang sering diajukan tentang Syngonium Wendlandii

Apakah tanaman ini beracun?

Ini adalah tanaman yang tidak bisa dimakan dan tanaman merambatnya beracun jika tertelan. Tempatkan tanaman Anda di lokasi yang tinggi, jauh dari hewan peliharaan dan anak-anak.

Tanaman saya telah kehilangan sebagian besar variegasi daunnya, bagaimana sekarang?

Ini karena kondisi cahaya redup. Tanaman Syngonium dapat ditanam di area semi-gelap, tetapi tanaman Anda akan mulai kehilangan tampilan variegatanya. Cukup pindahkan tanaman Wendlandii ke lokasi yang lebih cerah untuk memungkinkan variegasi berkembang kembali pada pertumbuhan baru.

Tanaman apa yang menjadi sahabat baik untuk Syngonium ini?

Aglaonema merah, pothos, dan philodendron dapat ditanam atau dikelompokkan dengan Syngonium karena perawatannya serupa. Daun dan pola pertumbuhan untuk ketiga tanaman ini melengkapi tanaman Wendlandii.

Mengapa tanaman Syngonium saya terkulai?

Untuk tanaman syngonium, penyebab terkulai yang paling umum adalah kekurangan air dan kondisi tanah yang kering. Jika tanah yang lebih dalam dari 5 cm kering, tanaman Anda membutuhkan lebih banyak air. Jangan biarkan tanaman Syngonium Wendlandii benar-benar kering.

Di mana lokasi tanaman yang ideal untuk Syngonium Wendlandii?

Anda dapat menempatkan tanaman ini di mana saja di meja ruang tamu, di balkon, atau ambang jendela yang teduh.

Kesimpulan

Tanaman Feng Shui ini akan membawa keindahan dan keberuntungan ke rumah Anda. Mirip dengan tanaman Syngonium lainnya, spesies ini mudah tumbuh dan mentolerir tingkat cahaya yang rendah. Tetapi Anda harus memperhatikan penyiraman karena itu hal utama yang dibutuhkan tanaman ini untuk bertahan hidup.

Dedaunan variegata hijau subur menjadi nilai jual tanaman Syngonium karena bunganya jarang dan tidak terlalu menarik. Daun untuk spesies ini berwarna hijau beludru dengan warna putih pucat hingga perak di bagian tengah dan sepanjang urat utama.

Penyiraman secara teratur dan semprotan pada dedaunan hijaunya akan membuat tanaman Syngonium Wendlandii Anda tumbuh subur. Tanaman pemurni udara ini menyerap racun melalui daunnya, racun tersebut dipindahkan ke zona akar dan digunakan sebagai nutrisi tanaman.

Tanaman akan bekerja dengan baik sebagai tanaman dalam ruangan atau taman. Karena ini dapat mentolerir pengabaian dan dapat ditanam dengan segala cara mulai dari dinding hijau dan keranjang gantung hingga hanya diizinkan untuk merayap di sekitar sudut teduh di taman.

Komentar