Perawatan dan Perbanyakan Philodendron Painted Lady yang Cantik

Painted Lady adalah Philodendron pendaki yang bervariegasi. Ini adalah favorit kolektor Philodendron. Menurut University of Florida, spesies Philodendron ini merupakan hibrida dari dua indukan Philodendron, P. Erubescens Burgundy dan P. Erubescens Emerald Queen.

Harga Philodendron Painted Lady

Philodendron Painted Lady akan lebih menyukai kondisi tanah yang kering, jadi pilihlah media tanam yang memiliki drainase yang baik dan selalu biarkan tanaman Anda mengering di antara penyiraman. Tanaman yang lembut ini menyukai lingkungan yang hangat.

Kata Philo berarti ‘cinta’ dan Dendron berarti ‘pohon’ dalam bahasa Yunani. Untuk alasan ini, Philodendron dianggap pemeluk pohon dan tumbuh dengan baik dengan turus panjat. Dengan perawatan yang tepat, tanaman tahunan yang tahan lama ini juga dapat bertahan selama beberapa tahun bahkan puluhan tahun.

Tanaman tropis pemanjat dari famili tumbuhan Araceae ini merupakan tambahan yang bagus untuk luar atau dalam ruangan. Tanaman ini pasti akan menuntut tingkat perhatian tertentu dari Anda dalam hal penyiraman dan pemberian pupuk. Artikel ini akan membantu Anda memahami petunjuk perawatan yang disarankan untuk Philodendron Painted Lady.

Perawatan Dasar Philodendron Painted Lady

Tanah

Campuran media tanam yang kaya dan lembab sangat cocok untuk Philodendron Painted Lady. Pertimbangkan untuk menanamnya dalam media tanam kaktus atau media tanam sukulen (sebagian pasi rmalang). Pastikan media apa pun yang Anda pilih porous.

Untuk menanamnya dalam wadah atau pot, Anda bisa menggunakan campuran media tanam biasa dengan pasir. Menambahkan pasir akan membantu meningkatkan drainase. PH tanah yang ideal adalah 6.1 – 7.3, agak asam sampai netral.

Air

Philodendron Painted Lady lebih suka tetap di sisi yang lebih kering. Biarkan tanaman mengering dengan baik di antara sesi penyiraman. Tanaman ini perlu sering disiram, tetapi penghobi Philodendron sangat tidak menyarankan tanaman ini tetap basah atau berdiri di air.

Siram dengan metode rendam dan keringkan. Ini dilakukan dengan menyiram tanaman Anda secara menyeluruh dan kemudian membiarkannya mengering sepenuhnya sebelum disiram lagi. Pantau dengan cermat tingkat kelembapan menggunakan jari Anda atau pengukur kelembapan.

Jika Anda menyirami tanaman Painted Lady terlalu sering, tanaman itu mungkin tidak akan bertahan. Spesies Philodendron dapat bertahan selama berminggu-minggu tanpa air, jadi lewati penyiraman jika Anda tidak yakin apakah tanaman Anda membutuhkan air atau tidak.

Tanaman Painted Lady sensitif terhadap penyiraman berlebihan dan kurang. Oleh karena itu, penting untuk bereksperimen dan memahami persyaratan penyiraman untuk membantu tanaman Philodendron Anda tumbuh dengan baik. Umumnya, Anda bisa menyiram setiap 2-3 hari sekali.

Cahaya

Tanaman ini akan membutuhkan sinar matahari 70-85%. Ini akan berkembang dengan baik di bawah sinar matahari langsung yang terang atau bahkan kondisi cahaya redup seperti lampu fluorescent.

Simpan di ruangan yang cukup terang dengan sinar matahari yang cukup. Tempatkan tanaman Painted Lady di dekat jendela di mana sinar matahari langsung tidak bisa mengenai dedaunan. Tanaman ini dapat bertahan hidup dengan gembira di tempat teduh dan cahaya sedang.

Lindungi Philodendron Painted Lady dari paparan sinar matahari yang berkepanjangan; jika tidak, dedaunannya akan mulai berubah warna menjadi cokelat. Terlalu banyak sinar matahari menyebabkan dedaunan menguning, sedangkan pencahayaan yang terlalu sedikit akan membuat batang memanjang.

Untuk lokasi luar ruangan, gunakan kain peneduh untuk melindungi tanaman Anda dari sinar matahari langsung.

Suhu

Philo Painted Lady tidak tahan suhu ekstrim. Mereka peka terhadap lingkungan yang dingin. Kisaran suhu optimal untuk tanaman ini adalah sekitar 12 hingga 26 derajat Celcius. Mereka mentolerir suhu minimum 10 derajat Celcius. Pindahkan tanaman luar ruangan Anda ke dalam segera setelah cuaca mulai dingin. Di dalam ruangan, Philodendron Painted Lady tidak boleh ditempatkan di samping kipas angin, AC, atau ventilasi.

Kelembaban

Tanaman tropis ini menyukai kelembapan, kelembaban 65-80% sempurna. Jika rumah Anda memiliki lingkungan yang kering, Anda bisa menggunakan humidifier untuk meningkatkan kelembapan dalam ruangan. Sesekali basahi daun dengan air pada hari yang panas. Tetapi jangan biarkan air menggenangi dedaunan karena hal ini meningkatkan risiko penyakit dan infeksi hama.

Pupuk

Karena tanaman ini ditanam terutama karena dedaunannya yang indah, Anda dapat menggunakan pupuk dedaunan serbaguna apa pun untuk Philodendron Painted Lady. Anda dapat menggunakan pupuk daun cair untuk memberikan nutrisi yang diperlukan, memberi pupuk setiap 2 minggu sekali.

Anda juga bisa menyuburkan Painted Lady yang baru ditanam tiga kali setahun menggunakan pupuk slow release. Pastikan Anda memberi pupuk 15 cm dari pangkalan tanaman.

Repotting

Philodendron Painted Lady memiliki sistem akar yang mapan dan kuat. Tanaman yang tumbuh lambat ini tidak perlu direpoting setidaknya selama 2 atau 3 tahun. Anda dapat merepoting kapan saja jika ukuran tanaman sudah jauh lebih besar dari pot.

Pindahkan ke pot yang sedikit lebih besar (satu ukuran lebih besar dari yang sebelumnya) dan lanjutkan perawatan penanaman seperti biasa. Tanaman ini membutuhkan akar yang lebih longgar alih-alih memenuhi semua ruang dalam pot, begitulah caranya agar menjadi tinggi dan sehat.

Pemangkasan

Anda dapat mempertahankan penampilan tanaman ini dengan memangkas pertumbuhan berlebih. Namun hindari pemangkasan yang berlebihan karena dapat mengurangi pertumbuhan tanaman secara keseluruhan.

Perbanyakan

Tanaman Philodendron dianggap paling mudah untuk diperbanyak. Perbanyakan adalah cara yang bagus untuk menambah koleksi tanaman hias Anda tanpa perlu mengeluarkan uang lagi. Selalu gunakan gunting atau pisau yang bersih dan disterilkan dengan alkohol saat memangkas atau memotong tanaman Anda.

Perbanyakan di Air:

– Pilih tanaman dewasa dan sehat untuk perbanyakan. Ambil stek batang berukuran 10-15 cm di bawah mata tunas.

– Penting untuk mengidentifikasi lokasi di mana Anda akan memotong tanaman Anda; idealnya, ini harus 2 cm di bawah mata tunas. Buang dua hingga tiga daun bagian bawah dari cuttingan agar Anda memiliki beberapa mata tunas yang telanjang. Sekarang biarkan stek mengering selama beberapa jam.

– Anda bisa meletakkan potongan ini di dalam stoples berisi air.

– Untuk perbanyakan air, isi toples kaca dengan air menyisakan ruang 3 cm di bagian atas. Kami sarankan membiarkan air untuk mengendap semalaman; ini akan menghilangkan klorin. Ini juga akan membawa air ke suhu ruangan karena menggunakan air yang terlalu dingin atau panas dapat membuat tanaman kaget sehingga gagal berkembang biak.

– Rendam mata tunas tak berdaun ke dalam air, pastikan daun bagian atas yang tersisa tidak menyentuh air.

– Ganti air setelah 2 hingga 3 hari menggunakan air suhu kamar dan letakkan cuttingan di tempat yang terang dengan sinar matahari yang telah disaring selama fase rooting. Anda dapat menambahkan tirai tipis ke jendela untuk menyebarkan sinar matahari.

– Sinar matahari langsung juga dapat mendorong pertumbuhan alga dalam propagasi air.

– Saat Anda mengganti air, gosok lembut akar dengan jari-jari Anda untuk menyeka kotoran. Propagasi di air sangat menyenangkan karena Anda bisa melihat perkembangan akarnya.

– Cuttingan akan mulai berakar dalam 10 hingga 20 hari. Setelah akarnya berukuran 7-12 cm, cuttingan Anda dapat dipindahkan ke tanah. Semakin lama Anda menyimpan stek di dalam air, semakin sulit tanaman beradaptasi dengan tanah.

– Tanaman ini akan membutuhkan waktu untuk tumbuh sendiri. Ikuti petunjuk perawatan yang disebutkan di atas untuk membantunya tumbuh.

– Anda harus bersabar dengan perbanyakan air karena stek mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda perkembangan akar selama sekitar 2 minggu.

Cangkok

Ini adalah metode perbanyakan yang paling menarik karena memungkinkan Anda untuk memperbanyak tanaman sebelum Anda mengambil stek dari tanaman induk. Teruskan membaca untuk mempelajari caranya:

– Yang Anda butuhkan hanyalah sphagnum moss dan indukan Painted Lady Philodendron yang sehat. Pilih batang yang sehat dan balut lumut di sekitar mata tunas dan penyangga. Membungkus penyangga adalah opsional, tetapi itu mengamankan lumut dengan lebih baik.

– Sebaiknya rendam sphagnum moss dalam air selama 1 jam sebelum memulai cangkok. Kelembaban pada lumut akan menciptakan lingkungan lembab yang mendorong pertumbuhan akar.

– Anda dapat menggunakan lembaran plastik biasa untuk membungkusnya; Buatlah bola lumut yang terbungkus.

– Jangan membungkus daun apa pun karena akan membusuk. Jaga agar ada bukaan kecil saat membungkus untuk sirkulasi udara.

– Pendekatan cangkok ini adalah yang paling aman karena meskipun propagasi gagal, Anda belum melakukan pemotongan, jadi Anda tidak akan kehilangan apa pun.

– Semprot bola lumut setiap hari untuk menjaga kelembapan lumut. Akar akan mulai muncul dalam 2 hingga 3 minggu.

– Buka pembungkusnya dan bersihkan lumut di sekitar akar dengan hati-hati. Sekarang ambil stek batang dengan membuat potongan tepat di bawah mata tunas. Pilih satu tempat sehingga potongan terakhir akan memiliki setidaknya dua daun di atasnya.

– Tempatkan potongan di dalam gelas plastik transparan dan tambahkan lumut sphagnum moss ke dalamnya. Ikuti instruksi perawatan yang disebutkan di atas untuk Philodendron Painted Lady.

Bunga

Tanaman Philodendron ini tidak akan sering mekar. Tapi bila itu terjadi, bunganya berwarna hijau, krem, ​​dan putih. Bunga-bunga ini memiliki bau yang tidak sedap, dan menyia-nyiakan energi dan nutrisi tanaman. Oleh karena itu, sebagian besar orang membuangnya segera setelah bunga tumbuh.

Pertumbuhan

Ini adalah tanaman mandiri; mereka tumbuh tegak dan menyebar ke luar. Daunnya mengkilap dan bermata halus. Daun muda mulai berwarna kuning neon, dan saat tanaman dewasa daun memudar menjadi hijau tua dengan bercak. Tanaman ini mempertahankan warna merah jambu cerah dari batang hingga dewasa.

Daun besar berbentuk hati adalah aspek paling menarik dan nilai jual dari Philodendron Painted Lady. Daunnya mengkilap, bertekstur, dan pada tanaman dewasa berukuran sekitar 15 cm. Ini adalah tanaman yang tumbuh lambat, tetapi tanaman dewasa dapat dengan mudah mencapai tinggi 60 hingga 1,5 meter dengan penyangga. Dan lebarnya bisa antara 30 sampai 40 cm.

Laju pertumbuhan tanaman Philodendron ini bervariasi tergantung suhu, cahaya, dan jenis tanah. Dibutuhkan sekitar 5 tahun untuk mencapai kedewasaan.

Dormansi

Seperti banyak tanaman hias lainnya, yang satu ini juga memasuki fase tidak aktif atau istirahat selama musim dingin / salju di daerah empat musim. Tanaman secara otomatis akan berhenti tumbuh untuk menghemat makanan dan air. Anda tidak perlu mengganggu tanaman selama fase ini, biarkan saja, dan tanaman akan menjadi normal saat musim semi tiba.

Masalah Umum Philodendron Painted Lady

Tanaman ini adalah tanaman yang bebas masalah dengan sedikit masalah hama atau penyakit. Beberapa kemungkinan masalah dibahas di bawah ini.

Kutu putih

Ini adalah hama tanaman rumahan yang umum. Mereka memakan nutrisi tanaman dengan menghisap getahnya. Minyak neem adalah solusi paling organik untuk mengobati kutu putih. Anda bahkan bisa menyeka daun dengan alkohol gosok.

Tungau Laba-laba

Jaga agar batang dan daun tetap kering karena dedaunan yang lembab menarik hama seperti tungau laba-laba. Semprot tanaman Anda dengan insektisida atau air sabun untuk membunuh tungau. Tungau ini juga memakan getah tanaman.

Daun menguning atau layu

Tanah yang terlalu banyak air, basah, dan drainase tanah yang tidak memadai merupakan alasan utama daun kuning dan layu pada Philodendron Painted Lady. Semua ini menyebabkan akarnya mati lemas. Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah ini dengan menyiram tanaman hanya saat tanah terasa kering dan memastikan drainase yang tepat dengan memilih wadah dengan setidaknya satu lubang drainase.

Bercak Coklat

Tanaman Anda akan mulai memiliki bercak atau bercak coklat jika terlalu lama terkena sinar matahari langsung. Daunnya juga akan tampak pucat dan kering akibat sengatan matahari. Segera pindahkan tanaman Anda ke tempat yang lebih teduh dan lihat bagaimana kinerjanya.

Penyakit bercak daun akibat bakteri

Gejala utama penyakit bercak daun meliputi bercak coklat dengan lingkaran cahaya kuning, bagian gelap pada daun, dan lesi mata hitam. Daunnya menjadi sangat halus dan tipis dengan ujung coklat yang renyah.

Penyakit bercak daun sebagian besar menyerang daun yang lebih tua, tetapi juga dapat merusak daun muda yang baru. Hentikan penyiraman dari atas untuk mencegah penyebaran penyakit bakteri ini. Buang daun yang terkena dan gunakan fungisida berbasis tembaga.

Hawar Bakteri

Jika tanaman Anda berkembang pesat dengan bintik-bintik hijau tua kecil, itu dipengaruhi oleh hawar bakteri. Daun akan mulai berguguran, dan tanaman memiliki bau busuk, langkah pertama adalah menghentikan penyiraman dari atas. Sirami tanaman Anda sedemikian rupa sehingga daun dan batangnya kering.

Ujung melengkung

Pemupukan yang berlebihan akan menyebabkan ujung daun melengkung ke bawah dan menjadi coklat. Ujung melengkung dapat dihindari dengan mengurangi laju pemupukan. Jika Anda menggunakan pupuk lepas lambat, siram tanah dengan air. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk merepoting di tanah baru jika Anda yakin masih ada sisa pupuk yang tersisa.

Tips untuk Merawat Philodendron Painted Lady

– Jangan terlalu banyak menyirami atau memberi pupuk tanaman Philodendron Painted Lady; ini akan menghambat pertumbuhannya.

– Saat menyiram tanaman ini, gunakan air hangat untuk mencegah syok suhu.

– Daunnya yang besar dapat mengumpulkan partikel debu, bersihkan secara teratur untuk mencegah hama atau infeksi.

– Jangan pernah menyirami tanaman jika tanah masih basah; ini akan menggenangi tanah dan menyebabkan banyak masalah. Laju pertumbuhan akan menurun dan tanaman bahkan bisa mati karena busuk akar.

– Campuran media tanam harus longgar untuk meningkatkan sirkulasi udara ke akar.

Pertanyaan yang sering diajukan tentang Philodendron Painted Lady

Apa Cara Terbaik untuk Membantu Philodendron Painted Lady Memanjat?

Tanaman ini tumbuh sangat baik bila diberi turus. Anda bisa menggunakan tiang berlumut atau tiang goni untuk membantunya memanjat ke atas. Ini akan menghasilkan daun besar dengan penyangga vertikal.

Berapa tingkat toksisitas dari Tanaman Philodendron ini?

Tanaman ini sangat beracun. Kristal kalsium oksalat dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mata. Ini juga dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri jika tertelan. Simpan di lokasi yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Apa sajakah cara untuk memajang tanaman ini?

Tanaman rimbun ini terlihat cantik di keranjang gantung. Anda juga bisa menciptakan aksen tropis pada dinding hijau dengan menumbuhkannya di samping dinding. Painted Lady memiliki daun hijau muda; bila dipasangkan dengan tanaman berwarna gelap lainnya, ini bisa menciptakan tampilan hijau yang bagus. Balkon dan ruang berjemur juga merupakan lokasi yang sempurna untuk tanaman ini.

Spesies tanaman apa lagi yang bisa tumbuh bersama dengan Philodendron?

Pothos dan Monstera terkait erat dengan Philodendron dalam hal perawatan. Semua ini termasuk dalam famili tumbuhan Araceae, bentuk dan warna daunnya menciptakan tampilan yang indah saat ditanam bersama.

Kesimpulan

Dedaunan hijau berkilau membuat tanaman ini menonjol di antara yang lain. Kemampuan Philodendron Painted Lady untuk tumbuh dengan baik dalam kondisi dalam ruangan yang minim cahaya adalah alasan utama popularitas tanaman ini. Dengan corak kekuningan dan bintik-bintik, warna daun berkisar dari hijau muda sampai hijau tua.

Mereka memiliki tangkai daun berwarna merah muda, batang, dan daun berbentuk sekop. Jika Anda ingin mempertahankan variegasi kuning pada tanaman muda, tingkatkan eksposur cahaya untuk tanaman Painted Lady. Tanaman ini akan menghadiahi Anda dengan daun bertekstur unik selama hidup. Hal terbaiknya adalah bahkan seorang penghobi amatir dapat berhasil menjaga Philodendron Painted Lady tetap hidup dan sehat.

Komentar