Cara Merawat Tanaman Hias Alocasia Bambino yang Cantik

Alocasia Bambino adalah salah satu spesies tanaman hias terbaik di genus Alocasia. Tanaman ini memiliki daun hijau panah indah yang berwarna ungu di bawahnya dan memiliki urat daun yang cerah dan bergaya di permukaan. Mereka cantik, elegan, dan sangat mudah dirawat di dalam ruangan.

Gambar Alocasia Bambino

Tanaman alokasia adalah tanaman yang paling mudah tumbuh, dan Alocasia Amazonica Bambino adalah pilihan yang tepat untuk pemula. Jika Anda mempertimbangkan untuk mendapatkan tanaman ini sebagai koleksi Anda, pastikan Anda mempelajarinya lebih lanjut sebelum membawanya pulang.

Klasifikasi

– Keluarga: Araceae

– Subfamili: Aroideae

– Genus: Alocasia

Tentang Genus Alocasia

Tanaman alokasia adalah kumpulan tanaman tahunan berbonggol atau rhizomatous yang berbunga di alam. Tercatat ada 79 spesies tumbuhan Alocasia, semuanya tergolong tanaman tropis dan subtropis di dunia.

Biasanya, tanaman Alocasia memiliki daun sagittate atau cordate yang tumbuh hingga 20 hingga 90 cm. Daun ini tumbuh pada tangkai daun berbunga panjang yang mekar selama musim semi dan musim panas di negara empat musim atau sepanjang tahun di negara tropis. Namun bunganya tidak signifikan dan dedaunan genus ini tetap menjadi ciri utama daya tarik.

Nama Umum dan Sinonim

– Jewel Alocasia

– Alocasia Bambino Arrow

– Bambino Arrow

Asal dan Persebaran

Meskipun tumbuhan Alocasia umumnya ditemukan di seluruh dunia di daerah tropis dan subtropis, tumbuhan ini sangat melimpah di Asia dan Australia Timur. Tanaman Alocasia Bambino Arrow biasanya berasal dari Asia Tenggara.

Fitur Tanaman Alocasia Bambino

Dedaunan dan Batang

Daun sempit tanaman Alocasia Bambino berwarna hijau tua yang indah dengan urat daun yang cerah. Selain itu, bagian bawahnya berwarna ungu tua. Daun ini umumnya tumbuh sepanjang 15 sampai 18 cm dan lebar 5 cm.

Evergreen

Seperti kebanyakan tanaman hias, Bambino Arrow juga merupakan tanaman evergreen yang terlihat cantik dan hijau sepanjang tahun. Musim yang lewat tidak mempengaruhi tanaman dan dedaunannya.

Tinggi

Di bawah perawatan yang tepat, tanaman Alocasia Bambino dapat tumbuh maksimal setinggi 40 cm. Ukuran Alocasia Bambino umumnya lebih kecil dan sangat cocok sebagai tanaman hias meja dan rak.

Toleransi Suhu

Sebagai aturan praktis, semua tanaman tropis cenderung menyukai suhu yang lebih hangat dan tidak menyukai lingkungan yang sedingin es. Bambino juga merupakan bagian dari kategori yang sama dan sangat tidak toleran terhadap suhu yang lebih rendah.

Toleransi Kelembaban

Seperti aturan suhu, tanaman tropis tumbuh subur pada tingkat kelembapan yang lebih tinggi dan karenanya sangat toleran terhadap kelembapan udara. Jika Anda membiarkan tanaman tetap di dekat pancuran atau menyemprotnya secara teratur, itu tidak akan menjadi masalah.

Bunga

Bambino memang merupakan tanaman berbunga, tetapi bunganya tidak signifikan jika dibandingkan dengan dedaunannya. Alocasia ini bisa mekar tetapi daya tarik utama tanaman ini tetaplah daunnya yang indah.

Tahan kekeringan

Karena merupakan tanaman tropis, Bambino sama sekali tidak tahan terhadap kekeringan. Tanaman ini tidak akan tumbuh dengan baik dalam kondisi kering dan dehidrasi, jadi pastikan Anda menjaganya tetap disiram dengan baik.

Toleransi Tekanan

Daun sempit tanaman Bambino tidak sekuat keindahannya. Jadi pastikan Anda meletakkan tanaman ini di tempat yang cukup tinggi agar tidak terinjak. Ditambah lagi, letakkan di tempat terbuka agar bisa tumbuh bebas tanpa gangguan dan tekanan dari luar.

Resistensi Penyakit dan Hama

Sayangnya, Bambino tidak tahan terhadap penyakit dan hama. Yang paling umum yang ditemui tanaman termasuk kutu putih, tungau laba-laba, bintik-bintik daun, dan busuk batang dan akar. Namun Anda dapat dengan mudah menghindari masalah ini dengan menggunakan tindakan pencegahan. Langkah-langkah ini termasuk menjaga tanaman tetap kering, terhidrasi dengan baik, dan bersih.

Bersihkan tanaman secara teratur menggunakan alkohol, minyak neem, atau air biasa. Juga, periksa tanaman untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Pertumbuhan

Umumnya tanaman Alocasia cepat tumbuh. Jika diberi kondisi yang tepat, mereka akan berkembang menjadi tanaman dewasa dengan cukup cepat.

Toksisitas

Meski indah, semua tanaman Alocasia beracun. Bahan ini berbahaya jika tertelan dan dapat menyebabkan iritasi ringan hingga parah pada kulit dan mata. Pastikan Anda menjauhkan Bambino dari anak-anak dan hewan peliharaan.

Daya tahan

Siklus hidup Bambino yang abadi membuatnya cukup awet sebagai tanaman hias. Mereka dapat hidup selama dua hingga beberapa tahun, tergantung pada perawatan dan lingkungan yang Anda berikan.

Pemeliharaan

Dibandingkan dengan tanaman lain yang memiliki estetika dan daya tahan yang sama, tanaman Alocasia Bambino merupakan tanaman yang perawatannya relatif rendah dan tidak memerlukan perawatan dan kondisi khusus.

Dormansi

Tanaman Alocasia Bambino memiliki masa dormansi tertentu. Selama waktu ini, daunnya memudar, dan tanaman berhenti tumbuh. Ini biasanya menghemat makanan dan air yang Anda berikan. Jadi pastikan Anda hanya memberikan jumlah yang sesuai tergantung kebutuhan tanaman.

Perawatan Alocasia Bambino

Perawatan Alocasia Bambino tidak terlalu susah; yang Anda butuhkan hanyalah menyirami tanaman sekali atau dua kali seminggu tergantung kebutuhannya, beri pupuk setiap bulan, dan pastikan tanaman berada di bawah suhu hangat dan sinar matahari tidak langsung. Anda tidak perlu terlalu sering memangkas atau merepoting tanaman.

Kebutuhan Air

Anda harus menyirami tanaman ini secara teratur. Mereka menyukai kelembapan di tanah dan udara. Jadi akar yang kekurangan air dapat dengan cepat merusak Bambino dan membuatnya terlihat sakit.

Pastikan Anda membiarkan tanah mengering di antara penyiraman karena jika tidak tanah akan tergenang air dan tanaman Anda akan mati lemas. Penyiraman satu atau dua kali seminggu sudah cukup tergantung kondisi tanaman dan lingkungan tempat tinggalnya.

Kebutuhan Tanah

Tanah yang gembur, memiliki drainase yang baik, dan porous paling cocok untuk Bambino. Selain tanah yang menyerap jumlah air yang tepat dan tanah yang memiliki drainase yang baik, mencari tekstur tanah yang tepat sangat penting untuk memastikan tanaman Anda tumbuh subur. Anda dapat menambahkan campuran tanah yang sesuai seperti sekam bakar, cocopeat, dan kompos. Jaga pH tanah sekitar asam hingga netral.

Sinar matahari

Seperti semua tanaman Alocasia, yang satu ini membutuhkan cahaya yang terang, namun sinar matahari langsung bisa membakar daunnya. Jadi tempat ideal tanaman ini adalah di atas meja atau rak di ruangan yang cukup terang dengan banyak cahaya alami tetapi tidak mengenai langsung. Anda juga bisa meletakkannya di balik tirai tipis atau di bawah naungan tanaman yang lebih besar.

Persyaratan Suhu

Suhu ideal untuk menanam dan menumbuhkannya dengan sehat adalah antara 18 hingga 22 derajat Celcius. Umumnya, tanaman ini suka tinggal di lingkungan beriklim sedang, jadi pastikan Anda menjaganya tetap nyaman dan hangat selama musim dingin yang membeku jika Anda hidup di negara empat musim.

Kelembaban

Tanaman alokasia umumnya suka tinggal di kelembaban tinggi. Alocasia Bambino tidak terkecuali. Dibutuhkan tingkat kelembaban di atas rata-rata di udara untuk berkembang. Menempatkannya di atas nampan kerikil dengan air di bawahnya atau memisting tanaman secara teratur dapat membantu meningkatkan hidrasi dan membuat tanaman tumbuh sehat. Kadang-kadang, Anda juga bisa meletakkan tanaman di dekat atau di bawah pancuran untuk mendapatkan dorongan yang cepat selama musim hangat, kering, dan berangin.

Pupuk

Pupuk jenis slow release dapat menyuburkan tanaman Alocasia Bambino dengan baik dan membantunya tetap sehat. Pastikan Anda menggunakan pupuk tanaman berkualitas tinggi untuk menghindari garam murah dan bahan kimia berbahaya. Jangan berlebihan ketika memupuknya.

Repotting

Karena ini adalah tanaman kecil, Anda tidak perlu terburu-buru merepotingnya. Tunggu setidaknya dua hingga tiga tahun sebelum Anda merepoting Bambino ke dalam pot yang lebih besar. Waktu terbaik untuk merepoting Bambino adalah selama proses perbanyakan. Ini karena jika akarnya rusak, mereka tidak akan berkembang dengan baik.

Perawatan dan Pemangkasan

Karena daunnya tumbuh dalam susunan tunggal, Anda biasanya tidak perlu memangkasnya. Namun Anda harus merawat tanaman secara teratur dengan memastikan tanaman tersebut kering, bersih, dan bebas dari debu, kuman, dan hama.

Budidaya dan Perbanyakan

Cara terbaik untuk memperbanyak tanaman Alocasia Bambino adalah dengan membagi rimpang. Tetapi sebelum Anda mulai, pastikan semua alat Anda sudah disterilkan dan Anda memakai sarung tangan.

– Pilih tanaman Alocasia Bambino yang sudah dewasa sepenuhnya. Pastikan itu sehat dan terhidrasi.

– Keluarkan tanaman induk Bambino dari potnya dan bagi rimpangnya.

– Anda sekarang dapat memindahkan tanaman induk ke dalam pot baru atau mengembalikannya ke pot lama.

– Tanam rimpang yang terpisah ke dalam pot yang diisi dengan campuran media tanam yang sesuai.

– Pastikan rimpang berdiri tegak. Anda dapat melakukan ini dengan menekan tanah di sekitar rimpang.

– Sekarang, letakkan rimpang pada kondisi yang sesuai dengan suhu yang lebih hangat, kelembaban tinggi, dan banyak sinar matahari tidak langsung.

– Siram sesering mungkin dan beri rimpang sedikit pupuk pada minggu-minggu awal pertumbuhan.

Pertumbuhan

Minggu 1-4: Tanam rimpang ke dalam pot yang sudah disiapkan dengan campuran tanah yang tepat dan sirami dalam kondisi optimal.

Bulan 2-3: Anda akan melihat akar dan tunas muncul dari rimpang. Pertahankan pemeliharaan dan perawatan secara konstan, dan jangan biarkan lingkungan berubah menjadi buruk.

Bulan 4-6: Sekarang Alocasia Anda sudah tumbuh menjadi tanaman Bambino dewasa yang cantik.

Daun Kuning Alocasia Bambino

Hidrasi yang tidak tepat pada tanah atau penyiraman berlebihan adalah dua penyebab umum daun kuning Alocasia Bambino. Karena tanaman ini menyukai air dan tidak tahan kekeringan, dehidrasi adalah masalah serius dan dapat menyebabkan daun langsung kusam. Selain itu, tanah yang jenuh atau tergenang air juga dapat membuat akar mati lemas dan membuat daun tampak pucat dan kuning.

Cara termudah dan termurah untuk mengatasi masalah daun kuning adalah dengan memberikan Bambino apa yang dibutuhkannya – air yang cukup.

Penutup

Alocasia Amazonica Bambino adalah tanaman cantik dengan ukuran yang mungil, cocok untuk meja kopi dan rak Anda. Hal yang mengesankan tentang tanaman ini adalah betapa mudahnya untuk tumbuh dan dipelihara di dalam ruangan. Jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman dengan tumbuhan, mendapatkan spesies khusus ini adalah ide yang bagus. Kecil, perawatan rendah, dan sulit mati, Anda bisa mencoba merawatnya di rumah.

Komentar