Tips Merawat Tanaman Hias Calathea Orbifolia

Berdaun hijau besar, subur, dan cerah bercampur dengan garis-garis keperakan, Calathea orbifolia pasti akan menjadi statement di taman dalam ruangan mana pun di rumah Anda. Berasal dari Amerika Selatan, tanaman tropis ini telah menjadi tanaman hias favorit di seluruh dunia. Dengan kehadiran yang begitu mencolok, mudah untuk mengetahui alasannya.

Tanaman Calathea Orbifolia

Saat dewasa sepenuhnya, panjang daunnya mencapai sekitar 25 cm, menciptakan tanaman cantik bertubuh penuh yang tumbuh subur di lingkungan dalam ruangan. Sederhana, namun tetap elegan, ini adalah salah satu tanaman yang menghidupkan ruang mana pun dan hanya akan membuat Anda merasa bahagia.

Meskipun keindahan dari tanaman ini tidak dapat disangkal, mereka bisa sedikit rewel, tetapi bukan berarti menumbuhkan dan memelihara tanaman ini sulit. Agar Calathea orbifolia Anda dapat berkembang biak, mereka perlu ditanam dalam kondisi yang sesuai.

Jika Anda tertarik untuk menambahkan tanaman yang sangat subur ke taman dalam ruangan Anda, baca terus artikel ini untuk mengetahui semua yang perlu Anda ketahui untuk menanam dan merawat Calathea orbifolia.

Tentang Calathea Orbifolia

– Tanaman Calathea orbifolia berasal dari negara Bolivia di Amerika Selatan; Orbifolia adalah salah satu varietas calathea terbesar.

– Daun hijau tua berbentuk oval diberi aksen garis perak dan lebarnya bisa mencapai 30 cm.

– Ukuran dedaunan yang dikombinasikan dengan warna memberikan statement yang nyata.

– Meskipun Calathea orbifolia bisa menumbuhkan bunga, di dalam ruangan mereka biasanya tidak mekar. Namun ketiadaan bunga benar-benar tidak memengaruhi keindahan tanaman ini karena dedaunannya yang begitu mencolok.

– Calathea orbifolia sedikit lebih cerewer dibandingkan varietas calathea lainnya, terutama jika dikaitkan dengan ujung daun.

– Tanaman ini tumbuh subur di dalam wadah, pot, dan planter, tetapi memang membutuhkan kondisi yang sempurna agar bisa tumbuh dengan baik, jika tidak ujung daunnya akan mengering, menjadi coklat dan layu.

– Namun demikian, selama diletakkan di lingkungan yang tepat dan diberi cukup air dan makanan, tanaman ini akan tumbuh subur di dalam ruangan.

– Calathea orbifolia akan menjadi daya tarik yang indah sebagai bagian yang berdiri sendiri atau menambah daya tarik dramatis pada koleksi tanaman indoor Anda.

Cara Menumbuhkan Calathea Orbifolia

Jika Anda berencana menambahkan Calathea orbifolia ke taman indoor Anda, berikut adalah beberapa tips menanam yang berguna yang akan membantu membesarkan tanaman ini dengan tepat.

Kondisi Tanah

Mengenai jenis tanah yang dibutuhkan tanaman Calathea orbifolia, sebenarnya tidak ada resep yang tepat untuk diikuti. Namun demikian, seperti banyak tanaman hias dalam ruangan tropis lainnya, Anda harus menanam Calathea orbifolia Anda dalam campuran media tanam yang bisa mengeringkan air dengan baik. Tanah akan cepat terkuras, tetapi kelembapannya tetap terjaga.

Jika perlu, Anda bisa mencampur metan dengan sabut kelapa atau lumut gambut untuk meningkatkan drainase dan membiarkan akar bernapas. Pastikan untuk menghindari tanah yang terlalu basah, kotor, berpasir, atau kering.

Catatan lain tentang tanah: itu juga harus sedikit asam. pH antara 5.0 dan 6.0 ideal. Sedikit bahan organik dapat ditambahkan untuk menyesuaikan tingkat pH, tetapi berhati-hatilah karena menambahkan terlalu banyak dapat merusak tanaman. Cara terbaik Anda adalah memilih media tanam siap pakai yang telah diformulasikan khusus untuk tanaman hias, yang biasanya dapat dibeli di hampir semua pusat tanaman.

Selama musim tanam, gunakan pupuk tanaman tropis yang dilarutkan dengan air lalu aplikasikan ke tanah setiap tiga minggu atau lebih. Pastikan untuk menyirami tanaman sehari sebelum memberinya pupuk, jika tidak Anda bisa membakar akarnya.

Calathea orbifolia, seperti yang disebutkan, akan tumbuh subur di pot, planter, dan wadah. Pastikan wadah yang Anda pilih untuk menampung tanaman memiliki fitur lubang drainase untuk menghindari busuk akar.

Suhu Ideal

Sebagai tanaman tropis, Calathea orbifolia tumbuh paling baik dalam kondisi hangat.

– Kisaran suhu yang ideal adalah antara 15 dan 21 derajat Celsius.

– Jika suhu di luar berada di antara kisaran ini, Anda dapat dengan aman memindahkan tanaman ke luar ruangan, Namun begitu mereka mulai turun di bawah 15 derajat Celsius, tanaman ini harus dibawa kembali ke dalam ruangan, jika tidak maka akan binasa.

– Pastikan juga untuk menghindari angin dingin karena dapat menyebabkan kerusakan serius.

– Jika suhu naik menjadi tinggi, daun Calathea orbifolia akan mulai menggulung. Karena itu, tanaman ini tidak boleh terkena suhu yang lebih tinggi dari 21 derajat Celsius.

– Lebih lanjut, tanaman ini tidak mentolerir perubahan suhu yang tiba-tiba dan drastis; pastikan suhu tetap sekonsisten mungkin.

Tingkat Kelembaban

Sebagai tanaman asli Bolivia, kondisi kelembapan ruangan tempat Anda menempatkannya harus serupa dengan kelembapan di negara Amerika Selatan. Tingkat kelembaban rata-rata di Bolivia kira-kira 54 persen. Untuk mengetahui besarnya kelembaban pada suatu area, kami sarankan untuk menggunakan hygrometer karena alat ini mengukur kadar air di udara.

Meskipun langkah terbaik Anda adalah menempatkan tanaman Calathea orbifolia Anda di lokasi yang secara alami lembab – kamar mandi atau dapur, misalnya – ada cara untuk meningkatkan tingkat kelembapan di dalam ruangan untuk mengakomodasi Calathea orbifolia Anda.

Salah satu pilihan adalah meletakkan nampan kerikil di bawah tanaman, yang memungkinkan penguapan, dan dengan demikian meningkatkan tingkat kelembapan. Menyemprot tanaman setidaknya sekali sehari adalah cara lain untuk memastikan tanaman menerima kelembapan yang tepat.

Cukup gunakan botol semprot untuk menyemprotkan kabut lembut (misting) pada bagian atas dan bawah daun hingga memiliki lapisan tipis embun. Misting sebaiknya dilakukan pada pagi hari agar daun dapat mengering di siang hari. Selain meningkatkan kelembapan, misting juga menjadi cara efektif untuk mencegah infestasi tungau laba-laba.

Terakhir, humidifier adalah cara yang efektif – dan mudah – untuk mencapai tingkat kelembapan yang tepat. Setelah humidifier diatur, hidupkan saja dan biarkan dia melakukan tugasnya; jika tidak, sangat sedikit yang perlu Anda lakukan.

Persyaratan Cahaya

Dalam kondisi alaminya, Calathea orbifolia tumbuh di hutan yang sebagian teduh. Oleh karena itu, mereka harus dijauhkan dari sinar matahari yang cerah karena akan membuat warna hijau cerah dari daun memudar dan mungkin merusaknya. Lokasi terbaik untuk menempatkan tanaman Calathea orbifolia di dalam ruangan adalah di lokasi yang menerima cahaya sedang atau rendah; namun pencahayaan redup harus dihindari.

Penyiraman

Seperti spesies tanaman lainnya, penyiraman memainkan peran utama dalam menjaga kesehatan Calathea orbifolia. Untuk berkembang biak, tanaman ini harus menerima jumlah air yang tepat. Jika Anda menyiramnya terlalu sedikit, tanaman akan mati, dan jika Anda menyiramnya terlalu banyak, tanaman dapat menderita atau hama mungkin tertarik ke tanaman.

Sebagai tanaman tropis, tanah harus lembab secara merata; tidak boleh benar-benar kering. Untuk mencapai tingkat kelembaban yang tepat, periksa tanahnya. Tidak seperti jenis tanaman hias lainnya, daun Calathea orbifolia tidak akan layu saat haus; sebaliknya, mereka akan mulai menurun. Masukkan jari ke dalam tanah dan jika bagian atas tanah terasa kering, maka ini saatnya untuk menyiram. Dengan memeriksa tanah, Anda dapat terhindar dari penyakit dan hama yang berpotensi merusak tanaman.

Untuk menyiram tanaman, Anda bisa menggunakan gembor atau semprotan untuk meningkatkan kelembapan pada tanah. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencoba alat penyiraman sendiri yang dimasukkan ke dalam tanah dan perlahan-lahan melepaskan air sesuai kebutuhan tanaman.

Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah Calathea orbifolia sensitif terhadap garam dan klorin yang sering ditemukan di air keran. Untuk menghindari tanaman terkena elemen-elemen ini dan merusaknya, sangat disarankan menggunakan air yang dimurnikan. Jika daun mulai berubah warna, padahal tanah benar-benar lembab, bisa jadi itu pertanda kualitas air yang Anda gunakan buruk.

Pemangkasan

Karena daun tanaman ini bertangkai tunggal, tidak ada cabang yang harus dipangkas. Oleh karena itu, satu-satunya perawatan yang dibutuhkan tanaman ini adalah menghilangkan atau mengubah warna, kecoklatan, menguning, atau daun rusak. Saat membuang daun, pastikan Anda menggunakan alat yang sudah disterilkan dan potong di pangkal batang.

Repotting

Jika sepertinya Calathea orbifolia Anda tumbuh lebih lambat dari biasanya, mungkin sudah waktunya untuk merepotting. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah satu atau dua tahun setelah musim tanam awal. Saat merepotting, pastikan bahwa pot baru setidaknya 2-5 cm lebih besar dari yang ada saat ini dan memiliki lubang drainase.

Kesimpulan

Dengan perawatan dan pemeliharaan yang tepat, Calathea orbifolia dapat tumbuh subur dan menambah begitu banyak keindahan pada taman dalam ruangan Anda. Ikuti tips yang disebutkan di atas dan Anda pasti akan memiliki tanaman tropis yang indah dan subur yang akan menghadirkan kegembiraan untuk Anda selama bertahun-tahun yang akan datang.

Komentar