Cara Merawat dan Memperbanyak Philodendron Birkin

Philodendron Birkin (pilo birkin) adalah tanaman hias indoor cantik nan langka dengan daun hijau muda atau tua. Daunnya yang indah beraneka ragam dengan warna kuning muda juga (variegata). Anda tidak akan menemukan banyak jenis tanaman cantik seperti ini di luar sana. Dedaunan birkin membentuk pola yang menarik. Birkin menonjol dari tanaman hias lainnya dan menghadirkan kreativitas ke rumah Anda.

Pilo birkin

Cara Merawat Tanaman Philodendron Birkin

Philodendron Birkin tropis berasal dari keluarga Araceae. Philodendron adalah subkategori dari keluarga ini. Menurut Universitas Hawaii, keluarga Araceae terdiri atas 110 marga dan 1800 spesies! Philodendron lainnya yang perlu Anda lirik adalah Philodendron Hearleaf, Philodendron Gloriosum, Philodendron Selloum, Philodendron Pink Princess, dan Philodendron Spiritus Sancti yang sangat langka dan mahal.

Tanaman ini tumbuh dengan bentuk daun yang berbeda-beda. Semuanya memiliki pigmen yang berbeda. Inilah yang membuat Philodendron Birkin unik dan menjadi tanaman hias yang sangat disukai. Birkin mudah dirawat dan diperbanyak selama Anda memiliki pengetahuan tentangnya. Tapi apa sebenarnya yang perlu Anda ketahui sebelum Anda merawat Philodendron Birkin?

Kami telah menjawab setiap pertanyaan Anda tentang Philodendron Birkin di artikel ini. Mulailah membaca agar Anda dapat terus berkembang!

Panduan Perawatan Tanaman Philodendron Birkin

Tanah

Tanah untuk Philodendron Birkin adalah bagian penting dari perawatan tanaman yang sehat. Tanah harus selalu porous tetapi tidak terlalu gembur. Tanah harus bisa menahan cukup air untuk Philodendron Birkin. Tapi kelebihan air juga harus bisa mengalir ke luar agar akar tidak basah kuyup. Tanah yang terlalu basah selalu bisa menyebabkan busuk akar dan tanaman mati.

Tanaman ini tumbuh paling baik di tanah berbasis gambut sphagnum moss. Tanaman ini tumbuh subur di tanah yang tidak lain adalah lumut gambut. Lumut gambut memiliki tekstur yang kasar dan lapang. Berkat teksturnya yang kasar, dia mampu menahan air. Dan aerasi memungkinkan kelebihan air pergi alih-alih menumpuk di tanah.

Jika Anda tidak ingin hanya menggunakan lumut gambut, Anda juga dapat mencampurnya dengan sekam bakar, cocopeat, dan pasir malang untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Sinar Matahari

Philodendron Birkin tumbuh subur dari cahaya tidak langsung yang terang. Anda perlu memberi tanaman Anda perasaan seperti berada di bawah kanopi hutan tropis. Anda harus meniru habitat aslinya. Sinar matahari langsung yang terlalu lama dapat menyebabkan daun mulai rontok. Tanaman akan cepat mengering dan layu.

Tetapi terlalu banyak naungan sama berbahayanya untuk Philodendron Birkin Anda. Ini dapat menyebabkan terlalu banyak ruang antara daun dan batang akan mulai lonyot. Tentu saja, hal ini juga dapat menyebabkan kematian tanaman.

Jadi jika Anda memilih untuk menempatkan Philodendron Birkin Anda di ambang jendela, letakkan di jendela yang menghadap ke timur atau barat. Lampu buatan adalah pilihan lain alih-alih meletakkan tanaman Anda di ambang jendela dengan harapan mendapatkan jumlah sinar matahari yang tepat.

Birkin membutuhkan setidaknya 12 jam cahaya di siang hari. Tapi jangan biarkan dalam cahaya selama 24 jam sehari. Tanaman Anda membutuhkan waktu untuk bersantai dalam kegelapan. Tumbuhan sangat mirip dengan manusia dalam hal itu.

Penyiraman

Seperti kebanyakan tanaman, Anda membutuhkan tanah yang lembab agar Philodendron Birkin Anda dapat menyerap kelembapan. Tetapi Anda juga ingin menghindari penyiraman yang berlebihan pada tanaman Anda sehingga Anda dapat menghindari tanah basah yang menakutkan itu.

Jadi Anda perlu menunggu sampai sebagian besar (tetapi tidak semua) tanah kering sebelum Anda menyiramnya. Cara terbaik untuk memeriksa kelembapan adalah dengan meletakkan jari Anda di tanah. Tanah yang menempel pada buku jari Anda harus dikeringkan dulu sebelum Anda menyiram tanaman. Usahakan untuk tidak membiarkan tanah mengering terlalu jauh di bawah tanah atau tanah tidak akan mendapatkan air yang dibutuhkan untuk tumbuh subur.

Cara lain untuk mengetahuinya adalah dengan melihat apakah tanah masih bisa menempel di jari Anda saat Anda mengeluarkannya dari pot. Jika masih ada tanah di jari Anda, berarti masih cukup lembab dan belum perlu disiram. Namun, selama musim hujan, biarkan semua tanah benar-benar mengering sebelum Anda menyirami Philodendron Birkin.

Suhu

Philodendron Birkin tumbuh dengan baik di ruangan yang hangat dan lembab karena merupakan tanaman tropis. Usahakan untuk menjaga suhu ruangan antara 18C sampai 24 derajat Celsius pada siang hari. Suhu harus sekitar 16 derajat Celsius di malam hari dan suhu ruangan tidak boleh turun di bawah 13 derajat Celsius.

Kelembaban

Seperti yang telah kami nyatakan di atas, Philodendron Birkin merupakan tumbuhan tropis. Mereka sangat suka kelembaban. Ini cara lain untuk meniru lingkungan alam mereka. Mereka bisa hidup dengan baik dalam kelembapan ringan. Tetapi semakin banyak kelembapan yang dimilikinya, semakin sehat tanaman itu dan semakin besar daun di tanaman Anda akan tumbuh.

Jadi jika memungkinkan, cipatakan kelembapan itu di dalam ruangan. Cara paling populer untuk menciptakan kelembapan untuk tanaman dalam ruangan adalah dengan menggunakan nampan kerikil. Isi nampan dengan air dan tempatkan pot tanaman Anda di atas kerikil. Saat air menguap, kelembapan akan tercipta untuk tanaman Anda. Dan jika nampan kosong, Anda dapat mengisinya kembali.

Pupuk

Pupuk adalah kunci utama Philodendron Birkin yang sehat dengan daun besar yang indah. Pupuk cair yang seimbang adalah pilihan yang tepat. Pupuk cair ini harus memiliki unsur hara mikro kalsium dan magnesium. Ini adalah dua nutrisi terpenting untuk tanaman philodendron. Anda perlu memupuk tanaman Anda seminggu sekali. Namun saat musim penghujan, Anda hanya perlu melakukan pemupukan sebulan sekali.

Propagasi

Proses perbanyakan pohon Philodendron Birkin menggunakan stek batang (stem cutting). Baca di bawah untuk mempelajari langkah-langkah proses propagasi.

Pertumbuhan

Philodendron Birkin dalam ruangan dapat tumbuh dari 45 hingga 90 cm tingginya.

Pot

Tingkat pertumbuhan Philodendron Philodendron Birkin Anda menentukan seberapa sering Anda perlu me-repottingnya. Saat akarnya telah mengembang sejauh mungkin di dasar pot Anda, sekarang saatnya untuk memindahkannya ke pot yang lebih besar. Untuk Philodendron Birkin, itu butuh waktu sekitar satu tahun. Untuk tanaman yang lain, butuh waktu sekitar dua tahun. Saat Anda memilih pot baru, pastikan ukurannya tidak terlalu besar dari pot sebelumnya. Terlalu banyak ruang dapat membuat tanaman Anda stres.

Langkah Perbanyakan Philodendron Birkin

Anda mungkin ingin memperbanyak tanaman Philodendron Birkin Anda. Biji Philodendron tidak akan berbunga di dalam, jadi Anda tidak mungkin menanamnya langsung dari bijinya. Ada beberapa metode perbanyakan Philodendron Birkin. Namun kami akan membagikan dua metode terbaik. Kedua metode tersebut membutuhkan stek batang.

Menggunakan Air (Water Propagation)

– Pertama, Anda harus memotong batang jika Anda belum memilikinya. Potong satu batang pilo Birkin yang panjangnya 7 hingga 15 cm. Semakin panjang semakin baik. Potong di bawah satu batang daun atau satu set daun. Jangan menggunakan gunting biasa untuk memotong stek Anda, gunakan gunting pemangkasan yang steril.

– Buang daun dari dua simpul daun yang dimulai dari bawah. Anda perlu node (buku) ini kosong.

– Isi stoples kaca bening atau wadah serupa dengan air. Pastikan ada beberapa cm ruang di bawah tepi stoples. Diamkan isi stoples semalaman. Ini memberi waktu pada klorin dalam air untuk menghilang.

– Keesokan harinya, letakkan potongan batang ke dalam stoples kaca bening. Simpul daun yang telanjang harus berada di air.

– Anda perlu mengganti air setiap dua hari sekali agar air tetap bersih dan bebas dari bakteri. Lebih dari seminggu, Anda akan melihat akar mulai tumbuh dari bagian bawah potongan batang.

– Setelah akarnya keluar, Anda perlu memindahkan potongan batang ke tempat yang dapat menerima cahaya terang tidak langsung. Itu bisa dari matahari atau cahaya buatan.

– Setelah akarnya tumbuh 3 cm, Anda dapat memindahkan Philodendron Birkin yang sedang tumbuh ke dalam pot. Hati-hati dengan akarnya, jangan sampai rusak atau patah.

Menggunakan Metode Cangkok

– Pertama, Anda harus “melukai” batangnya. Ambil pisau tajam dan potong dengan panjang 5 cm. Potongan ini harus berada di tengah potongan batang Anda.

– Ambil tusuk gigi dan masukkan ke dalam luka yang Anda buat. Tusuk gigi diperlukan untuk menahan luka agar tetap terbuka.

– Sekarang Anda membutuhkan lumut gambut sphagnum moss basah. Segenggam saja sudah cukup. Oleskan lumut gambut di sekitar luka. Lumut harus selalu lembab. Setiap kali ini terlihat mengering, basahi lagi. Tapi cukup basahi, jangan merendam lumut.

– Gunakan tali untuk mengikat lumut gambut. Ini akan menahannya pada sayatan di batang.

– Ambil selembar plastik atau bahan pembungkus lain dan bungkus di sekitar lumut gambut pada batang. Itu harus diikat kuat terhadap lumut dan menutupinya sepenuhnya. Seharusnya tidak ada lumut yang keluar. Gunakan lakban atau tali raffia untuk mengamankan ikatan.

– Sekitar dua minggu kemudian, akar akan mulai tumbuh dari lumut gambut. Ini adalah saat Anda bisa memotong batang ini dari Philodendron Birkin induk. Potong tepat di bawah lumut.

– Buang media cangkok lumut dan akar gambut. Saatnya menanamnya di pot tanah. Berhati-hatilah dengan akarnya saat Anda menjalankan proses ini.

Varietas Tanaman Philodendron

Ada jenis tanaman philodendron lain di luar Birkin yang tak kalah cantiknya. Dan Anda dapat memecah tanaman philodendron menjadi dua kategori.

Ada jenis pohon rambat dan jenis filodendron non-rambat.

Philodendron hederaceum

Tanaman ini adalah salah satu jenis philodendron yang paling populer karena paling mudah dirawat. Mereka adalah jenis rambat yang dijuluki “sweetheart” karena daunnya yang berbentuk hati.

Philodendron brasil

Ini adalah jenis philodendron rambat lainnya. Daunnya tervariegata, membuatnya berwarna hijau, putih, atau bahkan berwarna krem. Seperti tanaman sweetheart, daunnya menyerupai hati.

Philodendron xanadu

Xanadu adalah philodendron yang menyenangkan. Tanaman ini bisa tumbuh cukup besar jika dirawat dengan cara yang benar. Bagian terbaiknya adalah daun ini seolah-olah memiliki jari yang menggantung.

Philodendron moonlight

Ini adalah philodendron hibrida yang memiliki warna hijau muda yang sangat indah. Moonlight cocok untuk tanaman luar ruangan maupun tanaman dalam ruangan.

Philodendron white knight

Kami menyukai tanaman ini. Daunnya yang beraneka ragam merupakan perpaduan antara hijau cemerlang dan putih bersih. Mereka unik dan menarik perhatian Anda saat berjalan-jalan di rumah.

Masalah Umum Tanaman Philodendron Birkin

Tungau laba-laba adalah salah satu hama terburuk yang menyerang Philodendron Birkin. Tungau menyeramkan ini berwarna coklat kemerahan dan sangat kecil. Mereka menyedot semua nutrisi Philodendron Birkin Anda sampai tidak ada yang tersisa. Mereka melakukan ini dengan menggigit daun dan meninggalkan bekas berbentuk titik terang.

Saat mereka memakan tanaman dalam waktu yang lama, daunnya akan mengering dan rontok. Untuk membasmi tungau laba-laba, Anda harus mulai dengan memangkas daun dan area yang telah mereka ambil alih. Anda perlu menjauhkan setiap bagian dari bagian tanaman yang masih sehat. Gunakan insektisida untuk membersihkan seluruh tanaman Anda dengan lembut.

Thrips adalah serangga licik lain yang menyukai tanaman philodendron. Seperti kebanyakan serangga tanaman lainnya, mereka suka menyedot semua nutrisi dari tanaman Anda. Serangga ini berukuran sangat kecil dengan sayap dan sulit dilihat kecuali Anda mencarinya. Mereka bisa berwarna kuning pucat atau hitam.

Mereka suka makan dalam kelompok besar. Ketika mereka menyerang tanaman Anda, warnanya akan pucat dan berubah menjadi bercak. Hal ini dapat menyebabkan kematian tanaman. Untuk serangga ini, Anda juga bisa menggunakan sabun insektisida untuk membersihkan tanaman dengan lembut. Area mana pun yang terlalu parah terinfestasi harus disingkirkan.

Tips Merawat Philodendron Birkin yang Kurang Sehat

Tidak ada yang menginginkan tanaman kesayangannya tidak bahagia dan sekarat. Dan lebih memalukan lagi ketika tanaman yang tidak bahagia adalah tanaman yang cantik seperti Philodendron Birkin. Di bawah ini kami membahas masalah utama yang mungkin mengganggu Philodendron Birkin Anda dan cara memperbaikinya.

Daun Coklat

Saat daun pada Philodendron Birkin berubah kecokelatan, itu berarti tanaman tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Ingat tanaman tropis ini membutuhkan kelembapan untuk bertahan hidup dan berkembang. Jika Anda belum membuat nampan kerikil, pertimbangkan untuk membuatnya sekarang. Anda juga bisa melakukan misting (menyemprot lembut) daunnya setiap dua hari sekali untuk menciptakan kelembapan bagi tanaman Anda.

Daun Kering

Tidak butuh waktu lama untuk melihat bahwa daun tanaman Anda mengering, menguning, dan rontok. Artinya, Anda dapat mengetahui masalah ini lebih awal dan memperbaikinya. Saat daun Anda menguning di sekitar tepi dan mengering, itu berarti Anda menyiram tanaman secara berlebihan.

Periksa kembali tanah Anda sebelum Anda memutuskan untuk menyiraminya di lain waktu. Pastikan sudah kering. Jika Anda mengalami masalah dengan ini, pertimbangkan untuk membeli pengukur kelembapan untuk melacak tingkat kelembapan tanah. Jika ada titik-titik kecil pada daunnya juga, tanaman Anda akan diserang oleh tungau laba-laba.

Lesi dan Bau Aneh

Jika Anda menemukan lesi aneh di batang Anda, Anda dalam masalah. Itu adalah penyakit erwinia blight (atau hawar api). Itu adalah penyakit yang sangat umum menyerang tanaman philodendron. Penyakit ini hanya membutuhkan waktu berhari-hari untuk membunuh tanaman Anda dan menyerang di bawah tanah. Tetapi Anda dapat menyelamatkan tanaman Anda jika Anda mengetahuinya tepat waktu.

Saat infeksi ini menyebar, cabang-cabang mulai terkulai dan berubah warna. Anda membutuhkan gunting kebun yang dicelupkan ke dalam alkohol isopropil untuk memotongnya. Mulailah memotong cabang tempat mereka terinfeksi. Alkohol akan membantu menghentikan penyebaran infeksi ke area yang masih aman.

Pertanyaan Umum Seputar Philodendron Birkin

Apa jenis air untuk menyiram Philodendron Birkin?

Tidak ada air khusus yang dapat digunakan untuk tanaman Philodendron Birkin. Namun jika Anda menggunakan air keran, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Diamkan air semalaman agar klorin bisa hilang. Pastikan air ini suam-suam kuku sehingga tidak mengejutkan tanaman Anda.

Bagaimana cara menyingkirkan tungau laba-laba selamanya?

Tidak jarang Anda sudah berhasil mengusir tungau laba-laba pada Philodendron Birkin hanya untuk melihatnya kembali. Percaya atau tidak, tetapi salah satu undangan terbesar bagi tungau adalah debu. Jadi pastikan Anda sering memeriksa tanaman Anda dari debu dan membersihkan daunnya sesuai kebutuhan.

Apakah Philodendron Birkin tanaman merambat?

Tidak, Philodendron Birkin tidak memiliki rambatan. Namun ada beberapa jenis tumbuhan philodendron lain yang memang bisa merambat.

Apakah Philodendron Birkin membahayakan hewan peliharaan?

Tanaman Philodendron mengandung kristal kalsium oksalat dalam jumlah tinggi. Kalsium oksalat beracun bagi manusia dan hewan. Kucing Anda bisa mati karena menelan banyak tanaman philodendron. Jumlah yang lebih sedikit masih bisa membuat kucing Anda sangat, sangat sakit.

Kesimpulan

Philodendron Birkin adalah tanaman yang sangat populer dan banyak dijual online. Ini adalah keluarga aroid. Ada banyak philodendron yang patut dicoba, dan birkin tidak terkecuali. Pola daun aslinya sangat mencolok. Dari segi perawatan yang terpenting adalah meracik campuran tanah yang benar serta penyiraman agar tidak terjadi pembusukan akar. Setelah itu terkendali, perawatan Philodendron ini tidak terlalu sulit lagi. Selamat memelihara pilo birkin ya!

Komentar