Yuk Mengenal Tanaman Daun Mint Lebih Dekat Dengan Segudang Khasiatnya.

Halo sahabat tanam. Apa kabar? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan baik.

Ulasan tanaman.com berikut ini yaitu mengenai suatu jenis tumbuh-tumbuhan yang memiliki bau sangat khas, membuat siapa saja yang menghirup aromanya mengalami sensasi menyegarkan dan terasa nyaman memenuhi indra penciuman. Hmm, sudah terbayang bukan. Ya, tanaman tersebut tidak lain adalah Papermint atau lebih dikenal di Indonesia sebagai Daun Mint.

Papermint atau daun mint pada dasarnya merupakan tumbuhan berbunga hasil persilangan dari tanaman induk berupa Spearmint dan mint air yang memiliki nama Binomial Mentha x piperita. Bunganya sendiri berwarna keunguan, dengan sedikiti bercak putih. Tumbuh berkelompok pada batang tunggal. Membentuk kuncup-kuncup baru yang mengeluarkan benang sari berupa jarum-jarum lunak.

Umumnya daun mint dimanfaatkan sebagai bahan campuran minuman yang memberikan efek hangat dan menyegarkan, namun tidak sedikit pula produk-produk perawatan tubuh yang menggunakan ektrak papermint ini untuk menghasilkan aroma segar seperti pasta gigi, obat kumur, sabun dan shampo.

Tidak hanya digunakan dalam produk industri rumah tangga, beberapa perusahaan penghasil obat-obatan juga kerap memanfaatkan khasiat dari daun mint karena mengandung senyawa kimia berupa menthol yang sangat tinggi, methyl asetat dan sifat ekstraknya yang berperan sebagai anti-inflamasi. Maka tak jarang anda akan menemukan obat makan dengan rasa hangat yang segar dalam bentuk tablet ataupun cairan. Beberapa perusahaan medis penghasil obat yang menggunakan ekstrak papermint didalamnya atara lain obat sakit magh, obat batuk, obat sakit kepala dan masih banyak lagi.

Pertama kali ditemukan di daratan Benua Eropa, daun mint kemudian dibawa dan disebarkan ke seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia. Cara membudidayakannyapun tergolong mudah, tanaman ini menyukai tempat yag tidak terlalu lembap juga tidak terlalu kering, ia hanya membutuhkan tanah dengan unsur hara melimpah dan sinar matahari yang cukup. Bahkan anda dapat dengan mudah menemukan tanaman yang memberikan sensasi dingin ini di Supermarket kesayangan anda lengkap dengan polybag dan serumpun akarnya.

Daun mint sebagai tanaman obat keluarga

Memiliki keluarga yang sehat adalah dambaan setiap orang didunia, dan tidak sedikit diantaranya yang memanfaatkan beragam tanaman berkahasiat obat dalam mewujudkannya. Salah satu jenis tanaman herbal yang dapat anda tanam dan pelihara di tempat tinggal adalah papermint atau daun mint.

Tanaman ini mengandung senyawa kimia luar biasa yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Dalam 100 gram daun mint segar terdapat kandungan menthol mencapai leih dari 70%. Hal inilah yang mendasari papermint sebagai komoditas berharga untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan keluarga seperti batuk dan pilek pada anak, panas tinggi, sakit kepala, kondisi asam lambung tinggi, hingga dapat mengatasi rasa cemas berlebihan dan kesulitan tidur.

Anda dapat mengkonsumsi dedaunan hijau ini secara langsung macam lalap-lalapan, atau dapat juga menjadikannya sebagai bahan utama minuman hangat yang dicampur madu untuk kemudian dikonsumsi sehari-hari apabila diperlukan.

Mengatasi bau nafas dan bau badan tidak sedap

Aroma nafas dan tubuh yang tidak sedap merupakan momok menakutkan yang dapat membuat sebagian orang menarik diri dari kegiatan sosialnya. Namun anda tidak perlu khawatir, bagi anda yang memiliki masalah bau nafas yang tidak mengenakkan serta aroma tubuh yang kurang sedap dapat mengkonsumsi daun mint sebagai solusinya.

Kandungan minyak atsiri pada daun mint disinyalir dapat menetralisir bau tidak sedap pada tubuh anda. Selain itu papermint yang besifat anti-bakeri mampu menjadi pestisida alami untuk membunuh bakteri sumber masalah bau yang kurang mengenakkan tersebut.

Rutinlah mengkonsumsi daun mint setiap hari untuk menghilangkan bau badan yang tidak enak, dan anda dapat mengunyah beberapa lembar daun mint untuk mendapatkan nafas segar yang meningkatkan rasa percaya diri.

Seduhan daun mint untuk relaksasi

Rutinitas sehari-hari yang meliputi kerjaan di kantor, stres di jalan karena macet, makan makanan tidak sehat dan paparan polusi baik secara langsung ataupun tidak langsung adalah sumber utama penyebab masalah psikis seperti stres dan depresi. Dampaknya tubuh akan terlihat kuyu dan lesu, sulit untuk tidur hingga menimbulkan masalah kesehatan.

Cobalah meminum seduhan teh yang terbuat dari daun mint untuk sedikit melonggarkan syaraf-syaraf yang tegang akibat stres, teh herba ini juga berkhasiat melegakan tenggorokan dan pernafasan. Sehingga anda dapat lebih leluasa bernafas dan berfikir.

Efek hangat yang diikuti oleh sensasi rasa dingin segar setelah mengkonsumsi teh papermint ini menjadikan otot-otot anda yuag lelah sehabis berkutat dengan pekerjaan seharian menjadi lebih rileks dan membuat anda dapat beristirahat dengan baik.

Anda juga dapat menjadikan tanaman daun mint ini sebagai hiasan rumah yang menghadirkan aroma segar.

Membantu meningkatkan kinerja otak

Sudah menjadi pengetahuan umum oleh masyarakat luas, bahwa menghirup aroma papermint dapat merangsang syaraf penciuman menjadi lebih baik. Faktanya para peneliti mengungkapkan mencium bau aroma daun mint dapat membantu otak untuk bekerja lebih fokus dan meningkatkan daya ingat. Belum lagi dampak psikologis yang dirasakan yaitu menjadikan tubuh lebih segar dan bersemangat. Menghilangkan frustasi, rasa cemas dan gelisah dan membuat seseorang lebih bergairah.

Sumber antioksidan tinggi

Daun mint yag kaya akan kandungan vitmin, protein, karbohidrat, serat dan beragam senyawa kimia aktif. Merupakan sumber antioksidan alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Terutama dalam soal menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

Jadikan daun mint sebagai herba wajib yang ada di huian anda. Gunakan setiap hari dalam berbagai kesempatan termasuk dalam konsumsi, penghasil aroma terapi, hingga hiasan makanan kesukaan anda.

Rasakan kasiat luar biasa tanaman mungil ini untuk kehidupan anda yang lebih sehat dan kualitas tidur yang lebih baik.

Melancarkan saluran pencernaan dan mengatasi kram saat haid

Yang terakhir adalah kemampuan kandungan yang terdapat pada daun hijau mungil ini tidak diragukan lagi. Selain dapat membantu melancarkan saluran pencernaan, papermin juga bermanfaat untuk mengatasi rasa kram pada perempuan yang sedang menstruasi atau datang bulan.

Cobalah meminum teh yang diseduh dengan daun mint kering, berikan sedikit madu atau gula batu sesuai selera. Dan rasakan manfaatnya dalam melancarkan salura pencernaan dan meredakan rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah ketika haid sedang deras-derasnya.

Meski berkhasiat, tanaman daun mint tetaplah harus digunakan secara bijak. Jangan sampai efek baik yang ditimbulkannya malah membuat anda ketagihan dan mengesampingkan aspek kesehatan lainnya.

Tetaplah rajin berolah raga, makan makanan yang kaya nutrisi, dan tidur yag cukup. Agar kehidupan yang sehat dalam impian anda dapat terwujud dan berlangsung lama.

Komentar