Tips Merawat Tanaman Ficus Indoor di Dalam Rumah

Pohon ficus adalah salah satu tanaman hias paling populer. Banyak orang juga memilihnya untuk lingkungan kantor. Sangat mudah untuk melihat mengapa pohon Ficus sangat umum: mereka terlihat seperti pohon kecil yang indah yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan tampilan hunian dan ruang kerja Anda. Pohon ficus dikenal dengan kanopi yang rimbun dan penampilannya yang menarik.

Fikus dalam rumah

Sayangnya, ada satu kekurangan dari pohon Ficus. Mereka cenderung rewel dan tidak selalu mudah untuk merawatnya dengan baik. Namun jika Anda berusaha dengan baik, tanaman ini akan memberi Anda imbalan. Anda bisa menumbuhkan pohon Ficus yang kuat dan sehat di dalam rumah atau ruangan kantor Anda selama Anda mengikuti beberapa aturan perawatan khusus yang akan membuat Ficus Anda berkembang.

Apa itu Pohon Ficus?

Hal pertama yang perlu Anda ketahui tentang pohon Ficus adalah bahwa mereka sebenarnya adalah sejenis pohon ara. Mereka termasuk dalam genus Ficus, tetapi tanaman hias yang populer hanyalah salah satu anggota dari genus tersebut. Genus ini juga termasuk tumbuhan seperti pohon buah ara dan pohon karet. Namun jika orang menyebut pohon Ficus sebagai tanaman hias, biasanya yang mereka maksud adalah weeping fig (Ficus benjamina). Tanaman ini biasa disebut sebagai “Ficus” atau “Pohon Ficus.” Kedua nama tersebut menandakan tanaman yang sama dan varietasnya.

Hal yang hebat tentang tanaman ini adalah mereka benar-benar dapat terlihat seperti pohon, berapa pun ukurannya. Ficus biasanya akan mempertahankan bentuk seperti pohon meskipun ukurannya sangat kecil. Ini membuatnya ideal bagi mereka yang suka menanam pohon miniatur di rumah mereka. Pada saat yang sama, pohon Ficus dapat tumbuh besar sehingga cocok juga untuk mereka yang memiliki banyak ruang di rumahnya.

Pohon ficus dikenal karena dedaunannya yang menarik. Daun mereka bisa hijau, kuning, atay variegata. Ada varietas berbeda untuk dipilih berdasarkan warna dan corak dedaunannya saja. Belakangan ini, beberapa nursery telah mulai bereksperimen dengan batang pohon Ficus yang lentur dan menghasilkan bentuk yang dikepang dan dipelintir, yang sebenarnya bukanlah standar.

Cara Menumbuhkan Ficus di Dalam Ruangan Anda

Kebanyakan orang akan menanam pohon Ficus di dalam ruangan. Jika Anda ingin menanam pohon Ficus di rumah Anda, perlu diingat bahwa tanaman ini menyukai sinar matahari tidak langsung yang cerah. Sebagai alternatif, Anda dapat memberi mereka cahaya yang terfilter. Jika Anda memiliki varietas variegata, ingatlah bahwa tanamn itu juga dapat bertahan dalam cahaya sedang, tetapi varietas lain membutuhkan cahaya tidak langsung yang terang untuk berkembang.

Kata kuncinya di sini adalah “tidak langsung.” Anda tidak boleh membuat pohon Ficus Anda terkena cahaya langsung yang terang. Cara ini mengakibatkan banyak masalah bagi tanaman Anda, seperti daun rontok.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah suhu. Pohon ficus membutuhkan kehangatan untuk tumbuh subur. Mereka tidak dapat mentolerir angin atau suhu rendah. Agar pohon Ficus Anda tetap bahagia, Anda harus menyediakan suhu di atas 16 derajat Celcius. Namun perlu diingat bahwa ini adalah suhu minimum yang dapat diterima. Agar Ficus Anda berkembang pesat, Anda harus menyediakan suhu di atas 21 derajat Celcius.

Ingat, pohon Ficus membenci angin. Setiap angin dingin yang keluar dari pintu atau jendela bisa sangat merusaknya. Untuk mencegah hal ini, pastikan untuk menempatkan Ficus Anda di suatu tempat di mana hawa dingin tidak dapat menyentuhnya. Yang terbaik adalah memilih tempat yang hangat dan terlindung di rumah Anda.

Hal lain yang perlu Anda pikirkan adalah kelembapan. Pohon ficus yang ditanam di dalam ruangan lebih menyukai tingkat kelembapan yang relatif tinggi. Anda perlu menyediakan ini. Cara terbaik untuk mencapai kelembapan tinggi di sekitar tanaman Anda adalah memisting (semprot halus) secara teratur. Cara lain adalah dengan meletakkan pohon Ficus Anda di atas nampan kerikil yang berisi air. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kelembapan di sekitar Ficus Anda.

Namun perlu diingat bahwa meskipun tanaman ini menyukai kelembapan tinggi, mereka tidak terlalu suka basah. Ini terutama berlaku untuk akarnya. Akar Ficus tidak boleh terendam air terlalu lama karena dapat menyebabkan banyak masalah. Salah satu solusi yang baik untuk ini adalah selalu berhati-hati saat menyiram. Sebelum Anda menyiram pohon Ficus Anda, selalu periksa bagian atas tanah. Jika terasa basah saat disentuh, itu artinya Anda tidak boleh menyiram saat ini. Hanya jika tanah terasa kering, Anda boleh menyiram Ficus Anda.

Hal lain yang perlu Anda ingat tentang pohon Ficus adalah mereka cenderung tumbuh sangat cepat. Artinya, tanaman ini membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuh subur. Inilah mengapa sangat penting untuk memupuk Ficus Anda dengan benar. Berikan pupuk yang baik sebulan sekali.

Masalah Umum Pohon Ficus

Pohon ficus adalah tanaman yang cantik tetapi tidak jarang mengalami beberapa masalah saat merawatnya. Salah satu masalah paling umum dengan pohon Ficus adalah daun yang berguguran. Banyak pemilik mulai khawatir ketika mereka menyadari bahwa Ficus mereka mulai berguguran.

Ini adalah masalah yang sangat umum. Ini adalah reaksi standar pohon Ficus Anda terhadap segala bentuk stres. Untuk menghentikan masalah ini, Anda perlu mengidentifikasi sumber stres. Alasan paling umum Ficus Anda menjadi stres adalah kekurangan air atau terlalu banyak air. Penyebab lain yang mungkin adalah kelembapan rendah dan cahaya terlalu sedikit.

Juga tidak asing terdengar bahwa Ficus kehilangan daunnya karena perubahan suhu (saat terlalu panas atau terlalu dingin) atau saat terkena angin. Beberapa pohon Ficus juga diketahui akan merontokkan daun setelah direpotting atau setelah Anda memindahkannya ke tempat lain di rumah Anda. Ingatlah hal-hal ini jika Anda mengamati daun Ficus yang rontok.

Masalah potensial lainnya adalah hama. Pohon ficus rentan terhadap hama seperti tungau laba-laba, kutu putih, dan kutu sisik. Ini sangat umum terjadi pada pohon Ficus yang stres dan sudah kehilangan daunnya. Untuk menghentikan dan mengendalikan masalah hama, yang terbaik adalah menggunakan minyak neem. Ini akan membantu menyembuhkan pohon Ficus Anda dan membuatnya sehat kembali.

Komentar