Cara Merawat Philodendron Lemon Lime dan Memperbanyaknya

Sesuai dengan namanya, Philodendron Lemon Lime adalah tanaman tropis yang memanjakan mata dengan warna cerah dan penampilannya yang indah. Mereka anggota keluarga Araceae dari Kerajaan Plantae. Tanaman ini memiliki daun indah berbentuk hati yang tampak memukau karena warnanya yang cerah kuning kehijauan. Mereka banyak digunakan dalam setup indoor untuk menghidupkan suasana rumah secara keseluruhan. Philodendron Lemon Lime Hederaceum juga banyak diminati karena mudah tumbuh dan dirawat. Dengan demikian, spesies ini serba bisa dalam kategori tanaman hias!

Philo Lemon Lime

Klasifikasi

– Keluarga: Araceae

– Subfamili: Aroideae

– Genus: Philodendron

– Jenis: Hederaceu

Tentang Genus Philodendron

Schott melembagakan genus ini pada tahun 1832. Kata Yunani “Philo” berarti “kasih sayang atau cinta,” sedangkan kata “dendron” berarti “pohon.” Ada berbagai macam tumbuhan berbunga dalam genus ini. Ini sangat penting karena ini adalah genus terbesar kedua dari keluarga Ordo Aslimatales yang penting, yang menampung sejumlah besar tanaman merambat dan tumbuhan yang dikenal karena batangnya yang kuat. Penggemar tanaman menyukai semua spesies dari genus ini karena mereka cantik sebagai ornamen dekorasi dalam ruangan dan tumbuh dengan cepat serta mudah dipelihara.

Tumbuhan umum yang termasuk dalam genus ini adalah Philodendron Golden Dragon, Philodendron Velvet, Philodendron Tortum, dan Philodendron Bloody Mary.

Nama Ilmiah Philodendron Lemon Lime

Nama ilmiah tanaman ini adalah “Philodendron Hederaceum Lemon Lime.” Nama umum dan sinonim lainnya termasuk:

– Sweetheart Vine.

– Lemon Lime heartleaf philodendron.

– Areum.

– Philodendron Scandens Lemon Lime Plant.

– Golden Brazil.

– Philodendron cordatum Lemon Lime.

– Philodendron domesticum lemon Lime.

Lemon Lime muncul berbeda dalam berbagai tahapan kehidupannya. Karenanya, orang telah menemukannya berkali-kali dan diberi nama berbeda setiap kali. Beberapa nama yang sangat tidak biasa adalah:

– P. acrocardium

– Deviatum

– Harlowii

– Oxydatum

– Micans

Asal dan Persebaran

Philodendron Lemon Lime berasal dari Amerika. Tanaman ini ditemukan dalam perjalanan oleh seorang kapten dan kemudian dibawa ke Inggris. Di sini, mereka dibudidayakan dan ditanam. Spesies ini kemudian dikirim ke Florida, tempat penjualannya di pasar konvensional dimulai dan segera menjadi populer.

Ciri Philodendron Lemon Lime

Dedaunan dan Batang

Daunnya memiliki panjang 18 hingga 25 cm dan lebar 2 hingga 3 cm, tetapi mereka dapat tumbuh lebih besar jika tanaman ditempatkan di ruang terbuka yang bebas. Batangnya mengalir ke bawah dengan cepat dalam jumlah banyak. Tanaman yang lebih baru menyajikan lebih banyak daun dan pertumbuhan dari pangkal sehingga memberikan penampilan yang lebih kompak tetapi sehat.

Daunnya tipis, berbentuk hati, dan awalnya berwarna kuning kemerahan cerah. Namun, seiring waktu, warnanya berubah menjadi neon dan hijau limau. Tanaman tumbuh dalam bentuk merambat besar yang subur dan biasanya bertahan untuk waktu yang lebih lama. Tanaman ini akan tumbuh cepat jika diberi semacam turus kaku.

Evergreen

Tanaman ini selalu hijau, dan tetap segar dan indah untuk waktu yang lama meskipun musim berganti.

Tinggi

Batang Philodendron Hederaceum Lemon Lime mengalir ke bawah dan cukup panjang, meskipun secara keseluruhan merupakan tanaman berukuran sedang. Batangnya tumbuh minimal 20 hingga 30 cm dan bisa menjadi lebih panjang lagi. Jadi mereka bisa dipangkas untuk mendapatkan panjang yang sesuai dan mempertahankan bentuk dan ukuran tertentu.

Toleransi Suhu

Philodendron Lemon Lime tidak dapat bertahan hidup pada suhu ekstrim, terutama saat dingin. Pastikan tanaman tidak di bawah AC atau di luar saat cuaca sangat buruk. Pertumbuhan tanaman ini dapat langsung melambat jika terkena iklim dan kondisi yang tidak sesuai.

Toleransi Kelembaban

Spesies ini sangat toleran dalam hal kelembapan. Meskipun bertahan dengan baik dalam kondisi kering, kelembapan tambahan di lingkungan masih cocok untuk tanaman dan tidak membahayakannya. Tingkat kelembapan ruangan standar adalah yang terbaik untuk tanaman ini.

Bunga

Philodendron Lemon Lime biasanya tidak mekar. Bunganya langka. Namun saat mekar tumbuhlah bunga-bunga indah berwarna putih mutiara. Bunga-bunga ini tidak berubah penampilan seiring waktu dan juga tidak tahan lama.

Ketahanan Terhadap Kekeringan

Kondisi kering biasanya tidak berdampak signifikan pada tanaman ini, terutama karena mereka dapat tumbuh dengan baik di bawah lingkungan yang hangat dan kering serta penyiraman yang tidak teratur. Namun kekurangan air yang berkepanjangan tidak akan ditoleransi oleh Philodendron ini. Karena itu, yang terbaik adalah tidak mengganggunya dan menjaganya tetap terhidrasi dengan baik dan jauh dari kondisi yang keras.

Toleransi Tekanan

Tanaman merambat Philodendron Lemon Lime mengalir ke bawah dan menunjukkan pertumbuhan yang lambat dalam kondisi tekanan sedang. Keausan dapat terjadi jika terkena tekanan tinggi, dan kondisi seperti itu harus dihindari.

Ketahanan Terhadap Penyakit

Tanaman ini sangat jarang mudah terserang penyakit akibat hama. Selain itu, tidak pernah ditemukan adanya penyakit apapun.

Resistensi Tehadap Hama

Spesies ini aman dari serangan hama di lingkungan dalam ruangan. Namun dalam kondisi yang tidak sesuai, beberapa hama seperti tungau laba-laba, jamur, atau belatung dan tepung kutu dapat menyerang tanaman. Ini harus diperiksa secara teratur, sebaiknya setiap minggu atau setiap bulan, untuk mendeteksi masalah lebih awal jika ada masalah seperti itu. Semprotan anti hama dapat digunakan untuk menghilangkan masalah langka ini. Daun yang berubah warna, rusak, dan mati harus dipangkas dengan gunting tajam.

Pertumbuhan

Tanaman tumbuh dengan cepat, terutama jika dukungan dan kondisi optimal tersedia. Laju pertumbuhan juga tergantung pada suhu, jenis tanah, air, dan faktor lain yang mungkin berbeda untuk tiap tanaman, jadi jika tumbuh lambat, tidak perlu khawatir. Jaga agar tetap sehat.

Toksisitas

Seperti spesies lain dari keluarga ini, Philodendron Lemon Lime beracun bagi manusia dan hewan peliharaan karena mengandung kristal kalsium oksalat. Ini dapat menyebabkan bibir bengkak, sakit perut, muntah, reaksi alergi pada mata, kerongkongan, dan tenggorokan jika tertelan oleh makhluk hidup. Oleh karena itu, anak-anak dan hewan peliharaan harus dijauhkan dari tanaman ini.

Daya tahan

Tanaman ini sangat tahan lama karena kuat dan tahunan, yaitu ada untuk waktu yang lama, dalam hal ini, kurang lebih dua tahun. Bahkan tanaman akan merambat dan daunnya bisa bertahan selama bertahun-tahun, dan tanamannya tetap segar meski daunnya mengering.

Pemeliharaan

Perawatan Philodendron Lemon Lime tidak mengkonsumsi usaha ekstra. Ciri ini membuatnya sangat sesuai untuk orang-orang yang menyukai tanaman tetapi tidak memiliki cukup waktu untuk merawatnya dengan baik. Ini tumbuh dengan baik pada suhu sedang dan tingkat kelembaban yang secara alami ada di lingkungan dalam ruangan.

Dormansi

Tanaman ini biasanya tidak aktif selama musim gugur di negara empat musim. Tidak ada pertumbuhan baru selama periode ini, dan tanaman tampaknya mengalami hibernasi. Pasokan air dan makanan harus dikurangi selama periode dormansi ini. Tanaman tidak boleh dipupuk selama jangka waktu ini. Penyiraman harus disediakan secara khusus dengan penyemprotan tipis pada tanaman. Tanaman tidak boleh diperbanyak dalam periode ini dan seseorang harus menunggu musim semi untuk memupuknya.

Perawatan Philodendron Lemon Lime

Philodendron Lemon Lime membutuhkan suhu sedang dan cahaya terang. Tanaman ini berkembang dalam suhu 18 hingga 26 derajat Celsius. Ditambah lagi, tanah yang dikeringkan dengan baik akan menguntungkan tanaman. Anda dapat memupuk dan menyiraminya saat tanaman terlihat terkulai dan tanah tampak kering.

Air

Philodendron Lemon Lime Heartleaf membutuhkan sedikit airAnda perlu menyiraminya hanya ketika tanah sudah terlihat mengering. Siram tanaman secara menyeluruh sampai air keluar dari lubang drainase pot.

Tanah

Tanah yang digunakan untuk pertumbuhan yang tepat dari tanaman ini harus porous dan lembab. Campuran media tanam standar, campuran media tanam kaktus (sebagian pasir), atau substrat yang dicampur dengan gambut adalah yang terbaik untuk pertumbuhan tanaman ini. Tekstur tanah kering, basah, dan berpasir harus dihindari. Tanah harus cukup gembur agar akar dapat tumbuh dengan baik.

Sinar Matahari

Tanaman ini membutuhkan 75-80% paparan sinar matahari sepanjang hari. Cahaya ini harus selalu terang tetapi tidak langsung, oleh karena itu lebih baik menyimpan tanaman ini di tempat teduh di mana sinar matahari dapat menjangkau mereka secara tidak langsung, seperti kaca jendela atau rak di dekat jendela. Tanaman ini toleran dalam hal sinar matahari dan dapat tumbuh dengan baik bahkan ketika eksposurnya rendah.

Sinar matahari langsung lebih cenderung membakar dedaunan tanaman, dan perubahan dramatis pada warna daun mungkin menunjukkan sinar matahari langsung atau ekstra terang mengenai permukaannya. Daun dapat menggantung longgar jika disimpan dalam cahaya yang lebih rendah dari intensitas optimal. Jadi tanaman ini cukup pilih-pilih dalam hal persyaratan matahari.

Suhu

Philodendron Lemon Lime tumbuh dengan baik di bawah kondisi suhu sedang yang lebih mengarah ke sisi skala yang lebih hangat. Mereka tumbuh subur dalam suhu dari 18 hingga 26 derajat Celsius pada siang hari dan di atas 12 derajat Celsius pada malam hari. Lingkungan es lebih berbahaya bagi tanaman ini daripada suhu yang lebih panas. Oleh karena itu, perawatan yang tepat harus dilakukan selama musim dingin membeku. Pertumbuhan tanaman melambat bila panas tidak sesuai.

Kelembaban

Philodendron Lemon Lime suka tetap kering dan lebih cenderung tumbuh dengan baik dalam kondisi kering. Namun, penyemprotan daun sesekali harus dilakukan selama musim panas agar daun tetap segar dan terlindung dari kekeringan. Kelembaban yang meningkat dapat menghasilkan daun yang lebih besar, dan meskipun tanaman tidak akan banyak mengeluh, Anda perlu memperhatikan tingkat kelembapan dan memastikannya tidak melebihi jumlah sedang.

Pupuk

Pupuk tanaman dasar yang diencerkan hingga setengah dari jumlah yang disarankan diperlukan untuk menunjang pertumbuhan Philodendron Lemon Lime. Pemberian pupuk yang tidak tepat pada tanaman secara drastis akan memperlambat pertumbuhannya. Berikan pupuk dengan kadar nitrogen tinggi untuk meningkatkan pertumbuhan daunnya.

Repotting

Pada titik pertumbuhan akar maksimum, mereka berbentuk bola kompak. Ini adalah saat tanaman siap untuk ditanam kembali. Ini harus dilakukan ketika pertumbuhan daun baru dimulai.

Perawatan dan Pemangkasan

Anda dapat memilih untuk memangkas tanaman jika tanaman merambat tumbuh terlalu banyak. Ada baiknya juga bila Anda perlu mengurangi volume tanaman. Pemotongan harus dilakukan di atas ruas daun, dan ini bermanfaat untuk meningkatkan penyebaran tanaman jika tidak tumbuh dengan baik. Anda bisa menggunakan gunting tajam untuk menghindari robeknya batang.

Perawatan juga melibatkan pencucian daun yang benar karena kotoran dapat menyumbat pori-pori permukaannya dan mengundang hama. Memotes melibatkan membuat potongan kecil dengan benda tajam di dekat simpul, yang juga membantu dalam meningkatkan dedaunan. Hindari kontaminasi dengan cara apa pun dengan menjaga potesan tetap kecil dan rapi. Anda juga bisa memotong daun kering dan berubah warna dengan gunting tajam agar tanaman tetap rapi dan segar.

Perbanyakan Philodendron Lemon Lime

Perbanyakan philodendron Lemon Lime sangat mudah dilakukan di rumah. Anda harus mensterilkan semua jenis peralatan sebelum melanjutkan proses perbanyakan untuk mencegah infeksi dan kontaminasi. Sarung tangan harus dipakai untuk menghindari cedera.

– Mulailah dengan memotong bagian atas batang dengan gunting tajam.

– Tempatkan batang di campuran pot atau tanah lembab.

– Letakkan pot di lingkungan yang hangat dan pastikan tidak terkena sinar matahari langsung.

– Perbanyakan berhasil jika tunas baru berkembang dalam waktu 3 sampai 4 bulan.

– Batang akar juga bisa dikembangkan di dalam air untuk disimpan dan ditanam di tanah nantinya.

Laju Pertumbuhan

Bulan 1-3: Tanam batang dalam campuran media tanam yang sesuai dan simpan dalam kondisi yang tepat.

Bulan 3-4: Tunas baru mulai berkembang dan ini memverifikasi keberhasilan prosesnya.

Bulan ke-4 dan seterusnya: Masukkan akar dan tunas yang baru tumbuh ke dalam pot lebih besar. Berikan kondisi yang tepat untuk pertumbuhan yang lebih baik.

Philodendron Lemon Lime vs. Neon Pothos

Philodendron Lemon Lime vs. Neon Pothos adalah perdebatan yang membingungkan karena kedua tanaman itu terlihat mirip pada pandangan pertama. Kedua tumbuhan tersebut merupakan tanaman pemanjat dan memiliki daun berwarna hijau mengilap. Ditambah lagi, keduanya memiliki daun berbentuk hati yang sama.

Namun jika kita mencermati kedua tumbuhan tersebut, perbedaannya menjadi nyata. Neon Pothos memiliki daun yang tebal dengan tulang rusuk yang menonjol sedangkan daun Philodendron Lemon Lime bertekstur tipis dan halus. Batang Neon Pothos juga lebih banyak dibandingkan dengan Philodendron Lemon Lime. Daun baru Philodendron berwarna kecoklatan tua dan merah muda, sedangkan daun Neon Pothos berwarna lebih terang.

Memajang Philodendron Lemon Lime

Philodendron Lemon Lime tumbuh dengan baik di dalam ruangan dalam kondisi minim cahaya. Tanaman ini tidak hanya cantik tetapi sangat bermanfaat karena sifatnya yang menjernihkan udara. Ini bisa ditanam di keranjang maupun di jendela di mana mereka tumbuh ke bawah untuk menutupi seluruh dinding yang tampak menakjubkan. Warnanya yang cerah bisa mempercantik pengaturan formal kantor dalam ruangan. Selain efek yang terlihat, ini menenangkan pikiran dan merupakan pereda stres yang hebat.

Beberapa Tanya Jawab Umum

Daun Philodendron Lemon Lime Berubah Menjadi Kecoklatan. Apa yang Penyebabnya?

Philodendron Lemon Light tumbuh subur dalam kondisi kering, tetapi daunnya berubah menjadi coklat jika kurang disiram. Anda harus menjaganya tetap lembab agar tidak mengering.

Jenis Pupuk Apa yang Harus Digunakan untuk Philodendron Lemon Lime?

Pupuk daun biasa cocok untuk tanaman ini, tetapi pastikan harganya tidak terlalu murah karena pupuk berkualitas rendah mengandung unsur berat yang dapat merusak kesehatan tanaman dalam waktu singkat.

Penutup

Philodendron Lemon Lime adalah tanaman tropis indah. Mereka mudah untuk tumbuh dan dipelihara karena berkembang dengan baik dalam kondisi sedang. Juga sangat nyaman untuk memperbanyak tanaman ini. Plus, ini adalah spesies yang sempurna untuk meningkatkan keindahan dalam ruangan dan ditampilkan sebagai tanaman hias berkat warna-warnanya yang cerah yang menambah kehidupan pada suasana yang membosankan.

Komentar