Cara Merawat Philodendron Rugosum (Pigskin) dan Perbanyakannya

Siapa yang tidak suka tanaman Philodendron yang cantik dan mewah? Si hijau yang indah ini telah menjadi salah satu jenis tanaman paling populer untuk dimiliki karena perawatannya yang mudah dan daun hijaunya yang indah.

Kali ini kami tidak akan berbicara tentang jenis Philodendron yang umum di luar sana. Kami akan membahas tentang Philodendron Rugosum atau Pigskin Philodendron. Tanaman khusus ini berasal dari hutan hujan Ekuador dan tumbuh di pegunungan Andes pada ketinggian 3000 hingga 5000 kaki.

Harga Philodendron Rugosum

Pertama kali dijelaskan dalam sains hanya pada tahun 1983, Philodendron Rugosum mendapat julukan Pigskin Philodendrom karena tekstur dan bentuk daunnya yang khas. Mereka memiliki daun yang tebal dan kasar dengan tekstur seperti kulit, yang mengerut saat menyatu dengan batangnya, membuatnya tampak seperti telinga babi aneh. Bagian “Rugosum” berasal dari kata “ruga” yang dalam bahasa Italia berarti “kerut.”

Philodendron dikenal sebagai tanaman yang mudah beradaptasi, jadi tidak mengherankan jika mereka tumbuh sebagai epifit atau hemiepifit di pohon hutan hujan dan telah dilaporkan tumbuh di bebatuan (seperti epifit) dan juga di tanah. Yang terpenting, Philodendron Rugosum, khususnya, telah dilaporkan hampir punah, yang berarti sangat penting untuk menjaga mereka di habitat alami dan membudidayakannya.

Jadi jika Anda memutuskan untuk mendapatkan tanaman langka ini, baca lebih lanjut karena kami telah mengumpulkan informasi dan tips terbaik sehingga Anda dapat memberikan perawatan terbaik.

Petunjuk Perawatan Philodendron Rugosum

Tanah

Adapun seperti kebanyakan philodendron, Philodendron Rugosum membutuhkan tanah yang bisa mengering dengan baik untuk mencegah genangan air. Campuran media tanam aroid biasa yang terdiri atas satu bagian kulit kayu, satu bagian pasir Malang, dan satu bagian tanah kompos / humus akan sangat cocok untuk itu.

Kulit kayu memberi akar sesuatu untuk melekat seperti di alam liar. Anda juga dapat menambahkan sedikit arang atau cacahan pakis untuk membuat campuran lebih beraerasi dan menjaga pH tanah tetap netral hingga sedikit asam. Jika Anda memiliki beberapa sphagnum moss, ini juga merupakan pilihan yang bagus.

Cahaya

Philodendron Rugosum tumbuh sempurna di bawah sinar matahari parsial dan teduh belang-belang. Cahaya tidak langsung yang lebih terang selalu bagus dan akan membuat tanaman Anda tumbuh lebih cepat dan mengembangkan daun yang lebih besar.

Tempatkan di jendela yang menghadap ke timur atau sedikit lebih jauh dari jendela yang menghadap ke selatan. Tanaman ini tidak akan beradaptasi dengan baik dalam cahaya rendah dan mungkin mulai tumbuh sangat lambat.

Air

Di sinilah philodendron Rugosum berbeda dari kebanyakan philodendron lainnya, mereka menyukai tanahnya lembab. Jangan biarkan lebih dari beberapa cm bagian atas tanah mengering. Hal ini juga membuat Anda lebih sulit mencapai jadwal penyiraman yang sempurna karena Anda perlu mencari tahu keseimbangan yang tepat antara lembab dan kelebihan penyiraman.

Jika Philodendron Rugosum Anda memiliki daun yang terkulai, ini bisa menjadi tanda terlalu banyak air atau kurang air.

Suhu

Karena Philodendron Rugosum adalah tanaman tropis, mereka tidak tahan terhadap suhu dingin. Tanaman ini tidak tahan beku dan akan menderita kerusakan beku jika dibiarkan dalam suhu dingin terlalu lama.

Suhu ideal untuk itu adalah dari 12 hingga 30 derajat Fahrenheit. Di atas itu dan tanaman Anda akan terpanggang, di bawahnya tanaman Anda bisa mengalami daun menguning dan berguguran. Jika Anda tinggal di iklim tropis, tanaman ini akan tumbuh dengan baik jika ditanam di luar, tetapi di iklim sedang cobalah untuk tetap memenamnya dalam rumah dan jauhkan dari jendela dan angin selama musim dingin.

Kelembaban

Philodendron cukup tangguh dan dapat menahan tingkat kelembapan normal yang dimiliki kebanyakan rumah, tetapi dengan meningkatkan kelembapan, Anda akan mendorong philodendron Anda untuk mengembangkan daun hijau tua yang subur. Semakin tinggi kelembapan semakin besar daunnya. Mereka akan menyukai semprotan halus sesekali dan akan senang dengan pelembab ruangan.

Pupuk

Pupuk philodendron Rugosum Anda setiap dua minggu sekali setiap bulannya. Anda bisa menggunakan pupuk cair untuk tanaman daun hijau dan mencairkannya setengah kekuatan atau pupuk organik pilihan Anda. Orang biasanya memupuk tanamannya setelah menyiramnya untuk menghindari pembakaran pupuk.

Perbanyakan

Ada banyak cara untuk memperbanyak Philodendron Rugosum Anda, mulai dari membagi bonggol, stek batang, cangkok, hingga cangkok tanah, tetapi yang paling umum bagi pecinta tanaman hias biasa pasti adalah stek batang dalam air atau tanah.

Tanaman ini biasanya berakar dengan mudah dan berhasil diperbanyak tanpa langkah khusus. Pilih cabang yang ingin Anda potong. Pastikan Anda memotong di bawah setidaknya satu mata tunas. Lebih baik lagi bila Anda dapat memasukkan satu atau dua akar angin karena mereka akan berubah menjadi akar normal ketika dimasukkan ke dalam air atau tanah.

Letakkan cabangnya di air atau tanah. Jika Anda memilih untuk menggunakan tanah, buat campuran media tanam dari spaghnum moss dan basahi sebelum menanam cuttingan. Jika Anda akan melakukan perbanyakan dengan air, pilih wadah yang cukup besar untuk mencelupkan tanaman di dalam air sehingga menutupi mata tunas.

Buang semua kecuali dua daun teratas dari stek sebelum ditanam di tanah atau dimasukkan ke dalam air. Jika Anda menanamnya di tanah, jaga agar tanah tetap lembab selama proses perakaran. Tempatkan stek di tempat yang terang benderang dan hangat, tanpa sinar matahari langsung atau angin.

Setelah beberapa minggu, periksa stek Anda. Pertumbuhan baru adalah pertanda baik, tetapi jika tidak ada, Anda dapat menarik dengan hati-hati pemotongan yang tumbuh di tanah untuk melihat apakah sudah aman. Jika potongan Anda berada di dalam air, akarnya akan terlihat dan panjangnya beberapa cm. Pada tahap ini, stek Anda sudah siap ditanam pada tanah dan secara resmi menjadi tanaman baru yang Anda tanam sendiri.

Sebaiknya tanam beberapa stek bersama sehingga tanaman baru akan lebat dan kaya saat tumbuh, tetapi ini adalah pilihan pribadi dan Anda dapat mendesain tampilan tanaman baru tergantung di mana Anda ingin meletakkannya dan bagaimana Anda ingin menampilkannya.

Pertumbuhan

Philodendron Rugosum dapat tumbuh hingga setinggi 1,8 hingga 4,5 meter, jadi dengan kondisi ideal, potensinya cukup besar. Tanaman ini memiliki pola pertumbuhan yang merambat sehingga perlu sesuatu untuk dipanjat untuk mencapai ukuran puncaknya.

Turus lumut ideal untuk tujuan ini dan siap untuk diperbesar segera karena tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat. Turus lumut juga bisa disemprot atau disiram sehingga akar udara memiliki sesuatu untuk diserap dan tumbuh seperti di habitat aslinya.

Pot

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Philodendron bisa tumbuh cepat, jadi periksa apakah mereka perlu direpoting setiap tahun. Anda dapat mengangkat tanaman dan melihat apakah ada akar yang menyembul dari lubang drainase, yang biasanya merupakan pertanda bahwa tanaman siap untuk dipindahkan.

Anda juga dapat mengeluarkan seluruh tanaman dengan tanah dari pot saat tanah kering dan melihat seberapa luas ruang yang dimilikinya. Jangan biarkan akar tanaman Anda memenuhi pot karena menyelesaikan masalah ini bisa sangat sulit bagi tanaman.

Masalah Umum dengan Philodendron Rugosum

Masalah paling umum yang dapat Anda temui saat menanam Philodendron Rugosum adalah tungau laba-laba dan kutu putih. Pilihan lain adalah busuk akar karena Philodendron Rugosum suka disiram lebih sering dan ini dapat menyebabkan masalah jamur.

Mari bahas lebih lanjut tentang masing-masing di bawah ini.

Tungau laba-laba

Tungau laba-laba adalah serangga putih kecil seperti laba-laba yang memakan getah tanaman Anda. Cara paling umum hewan kecil ini masuk ke rumah kita adalah saat kita membawanya ke rumah secara tidak sengaja dari tanaman baru yang kita beli. Sebaiknya isolasi tanaman baru selama beberapa minggu sampai Anda yakin tanaman tersebut sehat dan bebas hama.

Ini adalah waktu untuk mengamati tanaman setiap hari dan melihat apakah ada tanda-tanda infestasi. Tanda-tandanya biasanya daun terkulai dan menguning, tetapi jaring halus kecil pada daun dan batang tanaman merupakan indikator utama tungau laba-laba pada khususnya.

Jika Anda menemukannya, biasanya di bawah daun dan di sekitar batang pohon, Anda bisa menghujani tanaman secara menyeluruh untuk menghilangkan semua tungau secara fisik. Kemudian lakukan perawatan insektisida menyeluruh untuk memastikan Anda menyabuni semua bagian tanaman di atas tanah dengan baik dan kemudian selesaikan dengan semprotan minyak neem untuk mencegah serangga baru menyerang tanaman.

Anda dapat mengulangi proses ini beberapa kali atau sebanyak yang diperlukan agar mereka tidak kembali. Ingatlah bahwa mereka menyukai lingkungan yang panas dan kering sehingga meningkatkan kelembapan adalah hal yang baik untuk dilakukan.

Kutu putih

Kutu putih adalah perayap putih lain yang lapar akan getah tanaman Anda. Mereka mudah terlihat di bawah daun dan batangnya, dan Anda dapat membuangnya satu per satu dengan bola kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol. Anda juga dapat melakukan perawatan dengan insektisida untuk memastikan Anda mendapatkan semuanya. Anda bisa membuatnya sendiri dengan larutan air, alkohol, dan sabun pencuci piring.

Minyak neem selalu menjadi pilihan utama untuk semua tanaman hias karena merupakan pencegah hama, dalam hal ini kutu putih (cabuk).

Busuk akar

Seperti yang disebutkan berkali-kali sebelumnya, busuk akar adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi tanaman hias. Philodendron Rugosum Anda menyukai tanah yang selalu lembab sehingga ini bisa menjadi lebih dari sebuah masalah.

Sangat penting bahwa tanah Anda cepat kering karena alasan ini. Jika Anda melihat busuk akar, jangan panik. Keluarkan tanaman dari potnya dan periksa akarnya. Jika Anda melihat akar berwarna coklat atau hitam, akar ini harus dipotong. Buang tanah yang ditumbuhi tanaman Anda, gantikan dengan tanah baru, bersih, dan steril.

Jika tanaman Anda terkena busuk akar, ini berarti tanah tidak mengering cukup cepat sehingga Anda harus mempertimbangkan untuk menyesuaikan campuran media tanam dan menambahkan lebih banyak kulit kayu, kerikil, atau arang.

Anda juga dapat memilih untuk menyiram Philodendron Rugosum Anda lebih jarang untuk sementara waktu dan mengevaluasi kembali jadwal penyiraman Anda ke depannya.

Philodendron Rugosum saya daunnya melengkung dengan tepi coklat dan kuning, ada apa?

Ini biasanya ada hubungannya dengan underwatering atau overwatering. Anda juga harus menyirami Philodendron dengan air suling atau air akuarium karena ujung daun yang kering bisa menjadi tanda air keras dan berat mineral.

Basahi Philodendron Rugosum Anda sesering mungkin, tingkatkan kelembapan dan evaluasi kembali jadwal penyiraman Anda. Jika akarnya terlihat sehat dan Anda belum menyiram secara teratur, pastikan Anda mengikutinya atau tidak akan berhasil.

Jika terkena cahaya langsung dalam waktu lama, hal ini juga dapat menyebabkan daun menjadi cokelat dan renyah. Cahaya belang-belang paling baik untuk Philodendron Rugosum Anda, tetapi jika ragu, taruh dalam cahaya tidak langsung yang terang dan ini akan menjadi cara teraman.

Philodendron Rugosum saya memiliki bagian daun yang menguning dengan lingkaran cahaya kecokelatan, bagaimana cara mengatasinya?

Jika bagian tengah daun menguning, diikuti lingkaran cahaya coklat dan daun melengkung, itu bisa menjadi tanda overwatering dan masalah jamur. Cobalah untuk mengurangi kelembapan dan penyiraman sehari lebih lambat dari biasanya. Bisa juga itu menjadi pertanda kekurangan nutrisi jika selama ini Anda tidak rajin melakukan pemupukan.

Kesimpulan

Kesimpulannya, Philodendron Rugatum akan menawarkan Anda tampilan tropis yang tidak biasa sementara mereka hanya membutuhkan sedikit atau tidak ada perawatan lebih dari Philodendron biasa.

Tanaman ini menyukai cahaya tidak langsung yang terang hingga naungan belang-belang, sedikit lebih banyak air suling hangat daripada anggota keluarga philo lainnya dan rutinitas pemupukan sedang.

Pigskin mudah diperbanyak dan akan tumbuh setinggi hampir 5 meter di lingkungan yang ideal. Menurut pendapat kami, ini merupakan tambahan yang mengejutkan dan menarik untuk hutan kota modern mana pun.

Hindari hama dengan mengisolasi tanaman yang baru tiba dan perawatan minyak neem secara teratur, dan Philodendron Rugosum Anda akan berkembang dan bersinar dalam keindahan penuh selama bertahun-tahun. Apakah Anda punya satu di rumah Anda? Bagikan fotonya dengan kami di blog ini.

Komentar