Cara Merawat Philodendron Brazil (Sirih Gading Brazil)

Berasal dari Amerika Selatan, Philodendron Brazil atau juga dikenal dan dipasarkan sebagai sirih gading Brazil adalah tanaman hias yang populer dengan daun dua warna (hijau muda yag cenderung kuning dan hijau tua), menawarkan sentuhan menyenangkan pada philodendron daun heartleaf yang umum.

Sirih Gading Brazil

Sebagai tanaman yang tahan banting dengan pertumbuhan yang kuat, ini adalah pilihan yang sempurna untuk pemilik tanaman pemula. Tidak masalah bagi philodendron Brazil jika Anda terkadang lupa untuk menyiraminya atau jika tidak menerima cahaya terang karena ini adalah tanaman yang dapat beradaptasi yang akan mentolerir berbagai kondisi.

Namun jika Anda menginginkan yang terbaik untuk philodendron Brazil Anda, Anda harus membaca rekomendasi perawatan tanaman kami di bawah ini. Kami membahas semuanya mulai dari persyaratan cahaya hingga propagasi.

Ukuran & Pertumbuhan

Sebagai tanaman panjat yang cepat dan tanaman yang tumbuh dengan kuat, varietas philodendron ini dapat merambat dan mencapai ketinggian hingga 4 meter. Anda harus memangkasnya kembali agar tetap tumbuh lebih penuh dan mengelola ukurannya. Selain itu, dengan memangkasnya secara teratur, Anda juga akan mencegah sistem akar berkembang terlalu cepat sehingga mengurangi kebutuhan untuk merepottingnya terlalu sering.

Saat memangkas, Anda harus menghilangkan batang yang terlalu panjang, daun kuning atau pucat. Dengan memangkas tanaman, Anda mendorong pembentukan tunas baru dan membantu philodendron menyebar lebih merata. Jika Anda ingin philodendron Brazil merambat dan mengikuti penyangga (turus), Anda dapat dengan mudah memandu tanaman merambatnya hanya untuk memastikannya mendapat cukup cahaya, sehingga terus tumbuh penuh dan tidak berbatang panjang.

Pencahayaan

Meskipun dapat beradaptasi dengan kondisi cahaya rendah, philodendron Brazil berkembang paling baik dalam cahaya sedang. Tanaman ini tumbuh cukup baik di tempat teduh dan di bawah cahaya tidak langsung yang terang, satu-satunya perhatian adalah cahaya langsung yang terang. Jika terkena sinar matahari langsung yang berlebihan, daunnya bisa hangus, jadi sebaiknya taruh philodendron ini di suatu tempat tanpa cahaya langsung yang kuat.

Di dalam ruangan Anda dapat dengan mudah menghindari cahaya langsung, perhatiannya adalah ketika Anda memutuskan untuk memindahkan tanaman ke luar ruangan selama musim kemaru. Pilih tempat dengan cahaya yang tersaring atau semi-teduh seperti di teras.

Penyiraman

Tanah lembab merata paling baik untuk philodendron ini, meskipun tanaman ini dapat mentolerir kekeringan, terutama jauh lebih baik daripada menoleransi penyiraman yang berlebihan. Tanah yang lembab bukanlah tanah yang basah, jadi ingatlah hal itu saat menyiram tanaman ini. Aturan praktis yang baik untuk diikuti adalah menyiram hanya ketika lapisan atas tanah sudah kering (benamkan jari Anda ke dalam tanah dan rasakan kelembabannya). Jangan pernah menyiram ulang saat bagian atas tanah masih basah.

Pastikan pot yang menampung philodendron Brazil Anda dilengkapi dengan lubang drainase di bawah dan tentu saja Anda memilih jenis tanah yang tepat untuk tanaman ini.

Jenis Tanah

Berbicara tentang jenis tanah atau media tanam, varietas philodendron ini menyukai tanah yang kaya bahan organik, tetapi juga memiliki drainase yang baik dan gembur. Campuran media tanam istimewa yang mengandung sekam bakar, sekam mentah, atau cocopeat dan bahkan sphagnum moss yang dikombinasikan dengan tanah humus adalah pilihan yang baik.

Jika Anda tidak mau mencampur media tanam sendiri, Anda dapat membeli campuran media tanam siap pakai yang sudah mengandung berbagai elemen di atas yang dibutuhkan tanaman philodendron Brazil Anda.

Suhu & Kelembaban

Suhu ruangan rata-rata (18 sampai 25 °C) cocok untuk jenis ini. Pada malam hari, suhu bisa mencapai 15 °C, tetapi tidak boleh di bawah 12 °C untuk menghindari sengatan panas pada tanaman. Sebagai tanaman asli daerah tropis, sirih gading Brazil tumbuh subur dalam kelembapan tinggi, jadi menaruhnya sebagai tanaman kamar mandi atau dapur akan memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangannya.

Namun ada cara lain untuk meningkatkan kelembapan di sekitar tanaman ini, yaitu dengan menggunakan humidifier atau membuatnya sendiri. Gunakan tatakan, isi dengan kerikil, tuangkan air ke atas kerikil, dan pelembab DIY Anda sudah siap. Letakkan pot di atas kerikil, pastikan pot tidak terendam air.

Pemupukan

Jika philodendron Brazil Anda tidak tumbuh cukup kuat atau daunnya sangat kecil, Anda dapat membantunya dengan memberinya pupuk daun atau pupuk NPK yang tinggi nilai nitrogennya. Pilih satu yang dibuat khusus untuk tanaman daun dan beri pupuk setiap bulan  Seperti halnya semua tanaman, pastikan untuk tidak memberi pupuk berlebihan dan menyiram tanah di sana-sini untuk menghindari masalah penumpukan mineral.

Pot & Repotting

Dengan pertumbuhan yang cepat, Anda perlu memindahkan philodendron Brazil Anda ke wadah yang lebih besar setiap kali potnya sudah terasa kekecilan dan akarnya sudah penuh. Bergantung pada seberapa cepat dan seberapa baik pertumbuhan philodendron Anda, Anda mungkin perlu melakukannya setiap 2-3 tahun, atau bahkan lebih sering.

Pilih pot yang biasanya berukuran lebih besar dari pot yang sudah ada. Sirami tanah sehari sebelum direpoting. Setelah tanaman dikeluarkan dari pot, periksa akar apakah ada akar yang rusak, sekarat atau sakit, dan buang. Setelah ditanam, sirami tanah dengan seksama. Gunakan B1 jika perlu untuk mencegah stres pada tanaman

Bagaimana Cara Memperbanyak Philodendron Brazil?

Cara termudah untuk memperbanyak philodendron Brazil adalah dengan menggunakan potekan alias cutting. Cukup pilih cuttingan dua node/buku daun untuk memaksimalkan potensi pengakaran. Buang daun di node bawah dan tanam di tanah pot atau akar di air.

Kedua metode propagasi ini berfungsi dengan baik, nyaris tidak ada perbedaan waktu yang dibutuhkan tanaman untuk berakar. Dengan metode propagasi air, semakin mudah untuk melihat kemajuan yang dicapai tanaman karena Anda bisa melihat tumbuhnya akar dari gelas kaca.

Jika Anda melakukan propagasi di media tanah di pot, gunakan campuran yang mampu mengalirkan air dengan baik. Anda dapat menggunakan vermikulit atau sphagnum moss untuk memicu perakaran stek philodendron.

Jaga agar media pot sedikit lembab. Pastikan ada cukup terpaan cahaya hangat dan tanaman jauh dari sinar matahari langsung. Begitu Anda melihat pertumbuhan baru terbentuk, Anda dapat yakin bahwa upaya propagasi Anda telah berhasil.

Penutup

Jika Anda mencari varietas philodendron klasik dengan sentuhan unik, philodendron Brazil adalah sesuatu yang harus Anda periksa. Anda dapat menanamnya di dalam ruangan tanpa masalah, tetapi Anda bahkan dapat meletakkannya di luar ruangan di musim panas, di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung.

Persyaratan perawatan philodendron Brazil ini cukup sederhana untuk dipenuhi bahkan oleh pemilik tanaman yang baru pertama kali memelihara sirih-sirihan. Ini menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk setiap pecinta tanaman dedaunan, terutama yang ingin memiliki tanaman gantung cantik.

Komentar