Tips Perawatan dan Perbanyakan Tanaman Sansevieria Samurai

Sukulen perennial yang satu ini dikenal dengan pola pertumbuhannya yang unik. Tanaman ini umumnya dikenal sebagai Blue Sansevieria, Sword Sansevieria, dan Sansevieria Samurai. Tanaman yang menarik perhatian ini bahkan memiliki miniatur kultivar yang populer dengan sebutan Samurai Dwarf.

Harga Sansevieria Samurai

Sansevieria Samurai (Sansevieria Ehrenbergii) berasal dari daerah tropis Afrika yang gersang dan sebagian Asia. Ini dinamai sesuai nama naturalis Jerman, Christian Ehrenberg. Dracaena adalah genus Sansevieria Ehrenburgii sekarang.

Sansevieria Ehrenbergii mudah dikenali dari penampilannya yang menarik. Daunnya yang seperti bilah ditumpuk dan menyebar dalam pola zig-zag di dua baris berlawanan. Tepi coklat kemerahan juga bisa dilihat pada daun tanaman yang lebat dan runcing.

Panduan Perawatan Sansevieria Ehrenbergii

Tanah

Tanah yang basah adalah hal yang tidak disukai Sansevieria Samurai. Seperti sukulen lain dari jenisnya, Sansevieria Ehrenbergii menyimpan air di daunnya.

Agar Sansevieria Samurai Anda berkembang baik, pot harus diisi tanah berpasir yang porous (gembur) dan cepat kering. Campuran media tanam untuk sukulen yang berpasir akan berfungsi dengan baik. Campuran tanah ini memungkinkan drainase sementara masih cukup kokoh untuk menopang tanaman Anda.

Cahaya

Ini adalah tanaman yang menyukai matahari. Cahaya terang sangat baik untuk Sansevieria Samurai Anda. Namun ini adalah tanaman tangguh dan dapat mentolerir kondisi apa pun.

Dari sinar matahari penuh hingga teduh, Sansevieria Ehrenbergii Anda akan beradaptasi dengan semuanya. Jika ditanam di luar ruangan di daerah tropis, posisi ideal tanaman ini adalah di daerah teduh atau semi teduh. Saat disimpan di dalam ruangan, Sansevieria Samurai lebih menyukai cahaya terang tidak langsung.

Anda kemungkinan besar akan mengalami peningkatan laju pertumbuhan saat merawat Sansevieria Ehrenbergii Anda dalam pencahayaan yang ideal.

Air

Menjaga agar Sansevieria Samurai Anda bahagia adalah tugas yang mudah. Kunci Sansevieria Ehrenbergii yang sehat dan bahagia adalah penyiraman yang tidak berlebihan.

Ini adalah tanaman tahan kekeringan yang hanya membutuhkan air setiap 1 hingga 2 minggu. Selama musim hujan, penyiraman harus semakin jarang dilakukan. Lebih baik memeriksa apakah Sansevieria Samurai Anda membutuhkan air atau tidak sebelum menyiramnya lebih banyak.

Anda harus membiarkan tanah Sansevieria Ehrendergii benar-benar kering sebelum disiram kembali. Penyiraman yang menyeluruh dan jarang adalah hal yang ideal.

Cara terbaik adalah menyirami Sansevieria Samurai Anda secara menyeluruh. Hentikan saat air mulai menetes melalui lubang drainase. Beri waktu Sansevieria Ehrenbergii Anda untuk mengering sepenuhnya, lalu buang air yang terkumpul di tatakan.

Jangan biarkan pot tergenang air. Sansevieria samurai akan mengalami busuk akar jika dibiarkan di tanah yang terlalu basah.

Suhu

Tanaman yang kuat ini dapat mentolerir suhu yang berfluktuasi. Secara umum, Sansevieria Ehrenbergii bekerja dengan baik pada suhu yang nyaman bagi manusia.

Suhu rata-rata hingga hangat dari 15 °C hingga 29 °C lebih disukai. Sansevieria Ehrenbergii Anda akan mulai mengalami kerusakan akibat suhu di bawah 10 °C. Meski kuat dan tidak mudah rusak, meninggalkan Sansevieria Samurai di tanah basah dan terkena dingin yang ekstrim bisa berakibat fatal.

Jika Anda tinggal di daerah empat musim, salju dan cuaca beku lebih baik dihindari. Dalam ruangan, angin dingin juga merupakan sesuatu yang bisa membunuh Sansevieria Ehrenbergii Anda.

Kelembaban

Sansevieria Samurai tidak akan mengalami kerusakan pada tingkat kelembapan yang lebih rendah, tetapi lebih disukai 50% atau lebih tinggi. Selama cuaca yang lebih panas, sedikit kelembaban ekstra akan disukai. Pada hari yang panas, letakkan pot Sansevieria Ehrenbergii Anda di atas nampan kerikil yang sudah disiram. Trik ini akan meningkatkan kelembapan udara di sekitar tanaman Anda.

Pupuk

Sansevieria Ehrenbergii memiliki kebutuhan pupuk yang cukup rendah. Anda bisa memupuk Sansevieria Samurai Anda kapan saja. Pemupukan hanya diperlukan sebulan sekali selama ini.  Pupuk sukulen cair seimbang atau pupuk yang larut dalam air sangat ideal.

Perbanyakan

Memperbanyak Sansevieria Ehrenbergii Anda bukanlah tugas yang sulit. Berbagai metode perbanyakan tersedia, yang paling mudah adalah melalui pembagian. Metode lain yang layak untuk memperbanyak Sansevieria Samurai Anda adalah melalui stek dan offset daun dan rimpang.

Pertumbuhan

Seperti tanaman lain dalam genusnya, Sansevieria Ehrenbergii adalah tanaman yang tumbuh lambat. Di daerah tropis tanaman ini tumbuh sepanjang tahun. Sedangkan di iklim sedang, musim yang lebih hangat seperti musim semi dan musim panas adalah saat tanaman aktif tumbuh. Namun selama musim dingin pertumbuhan melambat secara dramatis.

Daun Sansevieria Samurai tumbuh menjadi panjang dan cenderung melengkung saat memanjang keluar. Tidak seperti tumbuhan lain, perkembangan daun Sansevieria Ehrenbergii dimulai di tengah-tengahnya. Karena tumbuh dari bawah ke atas, ujung daunnya sering dikenal berwarna coklat.

Daun Sansevieria Samurai dewasa berukuran penuh dapat mencapai panjang hingga 1,5 meter dan lebar hingga 8 cm. Miniatur atau kultivar kerdil dari Sansevieria Ehrenbergii jauh lebih kecil dan kompak. Mereka hanya tumbuh antara 10 sampai 15 cm tinggi dan lebarnya juga.

Dijuluki Blue Sansevieria, warna daun tanaman ini hijau kebiruan. Warna coklat kemerahan dan putih muncul di sepanjang tepi dan ujung daun Sansevieria Ehrenbergii. Meski jarang, Sansevieria Samurai bisa berbunga. Bunga yang dihasilkan tanaman ini tampil unik dalam tandan spiral.

Warnanya terkadang bervariasi dari putih keabu-abuan atau abu-abu-hijau dengan semburat ungu pada kesempatan tertentu. Menariknya, bunga Sansevieria Ehrenbergii hanya membuka pada malam hari.

Sansevieria Ehrenbergii jarang mengalami masalah yang berkembang. Satu-satunya masalah datang dari air yang terlalu banyak dan suhu yang terlalu dingin. Samurai sansevieria tidak tahan dingin dan akan mengalami penurunan yang cepat.

Daun Sansevieria Samurai kerdil jauh lebih kecil dan kompak. Meski kecil, mereka masih menumbuhkan formasi tipe kipas atau bilah yang sama. Variasi yang lebih pendek ini tersedia dalam warna daun variegata atau hijau murni.

Tanaman ini juga tersedia dalam bentuk kultivar Banana. Tanaman Sansevieria Ehrenbergii Banana menumbuhkan daun dengan bentuk yang khas seperti pisang.

Pot

Sansevieria Ehrenbergii adalah tanaman dalam dan luar ruangan. Pot tanah liat yang berat sangat ideal karena tanaman ini sangat berat. Pot apa pun yang Anda gunakan untuk Sansevieria Samurai harus memiliki lubang drainase di bawah.

Anda tidak perlu sering merepoting Sansevieria Ehrenbergii karena ini adalah tanaman yang tumbuh lambat. Salah satu alasan repotting mungkin diperlukan adalah jika pertumbuhan tanaman sudah jauh melampaui ukuran pot.

Jika Sansevieria Samurai Anda mulai rimbun dan rootbound, maka sudah waktunya untuk merepoting. Namun,  ini membutuhkan waktu lama untuk menyebarkan akarnya memenuhi pot dan lebih mungkin menghasilkan bunga.

Saat memilih pot baru untuk Sansevieria Ehrenbergii Anda, yang terbaik adalah menggunakan pot yang lebar. Pot yang lebar akan lebih baik dalam menopang bilah panjang tanaman Anda. Anda dapat mengamati Sansevieria Samurai untuk mengetahui kapan Anda harus memasukkannya ke dalam pot baru. Pot tanah liat paling baik digunakan karena ini akan retak saat tanaman Anda tumbuh lebih besar.

Panduan Propagasi Mendalam Sansevieria Ehrenbergii

Dengan tampilan yang sangat unik, siapa yang tidak ingin memperbanyak tanaman ini? Perbanyakan Sansevieria Samurai cukup cepat dan mudah. Ada beberapa metode propagasi yang tersedia untuk Anda coba.

Cara termudah dari semua metode untuk memperbanyak Sansevieria Ehrenbergii Anda adalah melalui pembagian. Pembagian tanaman cukup sederhana. Setelah dikeluarkan dari pot atau tanah, sisa tanah harus dibersihkan dari akarnya.

Sansevieria Samurai Anda kemudian harus dengan mudah dipisahkan menjadi rumpun. Setiap rumpun harus memiliki akar dan bilah daunnya sendiri. Rumpun ini kemudian bisa ditanam secara individual.

Kadang-kadang Sansevieria Ehrenbergii membentuk offset atau anakan. Offset ini bisa dipisahkan dengan mudah dari tanaman induk. Tanam kembali offsetnya, tetapi biarkan beberapa saat untuk tumbuh dan membentuk akar yang lebih lengkap.

Cara lain yang lebih sederhana untuk memperbanyak Sansevieria Samurai Anda adalah melalui stek daun. Daun yang sehat dan matang harus digunakan saat membuat stek. Potong daun menjadi beberapa bagian setidaknya 10 cm.

Ujung potongan akan membutuhkan waktu untuk mengering agar tidak membusuk. Proses pengeringan ini mungkin memakan waktu beberapa hari tetapi setelah selesai Anda dapat menanam stek Anda.

Campuran media tanam sukulen dapat digunakan untuk menanam stek daun Sansevieria Ehrenbergii Anda. Stek harus didorong masuk sekitar 3 cm ke dalam tanah. Sebelum akar terbentuk, tanah harus dijaga agar tidak lembab.

Masalah umum dengan Sansevieria Ehrenbergii

Masalah paling menonjol dari Sansevieria Samurai adalah busuk akar. Busuk akar adalah akibat dari penyiraman berlebihan. Ini adalah tanaman tahan kekeringan dan tidak suka dibiarkan di tanah yang basah.

Selain itu, Sansevieria Ehrenbergii tidak memiliki masalah penyakit atau hama yang serius. Pada kesempatan tertentu, kutu putih atau tungau laba-laba dapat menyerang tanaman Anda. Solusi sederhana untuk ini adalah menjaga agar Sansevieria Samurai Anda tetap bersih dan bebas dari debu.

Dianjurkan juga untuk menjauhkan tanaman ini dari hewan peliharaan dan anak kecil. Anggota genus sansevieria diketahui mengandung saponin. Saponin adalah zat yang beracun bagi hewan peliharaan dan agak beracun bagi anak-anak jika tertelan.

Kiat agar Sansevieria Samurai bebas masalah

Sansevieria Samurai adalah tanaman yang santai dan jarang membutuhkan perhatian. Kunci tanaman yang bahagia adalah mempertahankan jadwal penyiraman yang minimal. Sansevieria Ehrenbergii lebih suka menunggu beberapa hari lagi untuk mendapatkan air daripada diberikan air saat tidak memerlukannya..

Hama juga tidak mengganggu tanaman ini. Seringkali Sansevieria Samurai Anda harus dibersihkan atau diseka dari debu. Ini akan menjauhkan kutu putih dan tungau laba-laba. Kain lembab dan lembut dapat digunakan untuk pemeliharaan pembersihan.

Jika hama masuk ke tanaman Anda, bola kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol dapat digunakan untuk menghilangkannya.

Pertanyaan yang sering diajukan tentang Sansevieria Ehrenbergii

Apa saja gejala yang timbul akibat menelan tanaman ini?

Sansevieria Samurai adalah tanaman yang agak beracun bagi manusia dan hewan peliharaan. Tanaman ini harus dijauhkan dari jangkauan kucing, anjing, dan anak kecil untuk menghindari konsumsi.

Gejala yang terkait dengan konsumsi bagian mana pun dari Sansevieria Ehrenbergii ringan. Gejala-gejala tersebut antara lain mengiler, mual, muntah, diare, kehilangan nafsu makan, iritasi mulut, lesu, dan depresi.

Apa kegunaan tradisional Sansevieria Samurai?

Sansevieria Ehrenbergii memiliki banyak kegunaan tradisional. Daun tanaman digunakan untuk serat dan tali. Serat yang berasal dari Sansevieria Ehrenbergii lembut dan halus. Mereka juga dikenal memiliki umur yang panjang.

Cairan atau jus diekstraksi dari daun dan digunakan untuk pengobatan. Jus daun Sansevieria Samurai digunakan untuk mengobati luka ringan. Luka ini termasuk erupsi kulit atau luka. Buah Sansevieria Ehrenbergii juga dikenal dapat digunakan untuk membuat manik-manik. Tanaman sansevieria Samurai kerdil juga sering disimpan untuk keberuntungan.

Bagaimana cara membasmi serangan tungau laba-laba?

Biasanya, semprotan insektisida dapat digunakan untuk melawan serangan tungau laba-laba. Anda harus melakukan tes kecil pada daunnya sebelum mengoleskan obat ini ke seluruh tanaman Anda. Jika Sansevieria Ehrenbergii Anda bereaksi negatif, cobalah merek lain. Cobalah mencari insektisida non-piretrin. Ini dikenal akan bekerja dengan baik.

Kelebihan apa yang dimiliki Sansevieria Samurai?

Sansevieria Ehrenbergii memiliki sifat pemurni udara yang luar biasa. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen. Mereka juga dikenal memiliki salah satu tingkat konversi terbaik sehubungan dengan konversi karbon dioksida menjadi oksigen.

Kapan Anda harus memangkas Sansevieria Ehrenbergii Anda?

Jarang sekali tanaman Sansevieria Samurai membutuhkan pemangkasan. Satu-satunya alasan pemangkasan mungkin hanyalah untuk menghilangkan bagian atau daun yang tidak sehat. Alasan lain untuk memangkas mungkin untuk menghilangkan batang bunga.

Kesimpulan

Tanaman sukulen ini merupakan tanaman cantik yang luar biasa. Ini adalah tanaman yang sempurna untuk pemula. Sansevieria Ehrenbergii sangat toleran, oleh karena itu sangat ideal untuk mempelajari cara merawat tanaman. Semua orang, termasuk anak-anak, pasti bisa merawat tanaman yang kuat ini!

Sansevieria Samurai kerdil bisa menjadi dekorasi hidup yang mengagumkan untuk semua tempat di rumah Anda! Sulit untuk tidak menemukan sesuatu yang disukai tentang tanaman ini. Sansevieria Samurai benar-benar harus dimiliki untuk semua taman dan rumah. Nah, apakah Anda juga ingin memeliharanya di rumah?

Komentar