Tips Lengkap Merawat Tanaman Philodendron Paraiso Verde

Philodendron Paraiso Verde adalah tanaman indah lainnya dari keluarga philodendron. Tanaman ini memiliki daun panjang, menakjubkan, dan cantik yang tumbuh di batang kecil. Jika Anda mencari tanaman cantik dengan perawatan rendah untuk dalam ruangan rumah, Anda pasti akan menyukai spesies ini. Philo ini tergolong langka sehingga mungkin agak sulit untuk mendapatkannya, tetapi jika Anda mendapatkannya, itu adalah pembelian yang layak dan tambahan yang indah untuk koleksi tanaman hias Anda.

Perbanyakan Paraiso Verde

Untuk mengetahui lebih lanjut seperti apa bentuknya, bagaimana cara merawatnya, dan bagaimana memperbanyaknya di rumah, teruslah membaca artikel ini.

Klasifikasi

Keluarga: Arum

Subfamili: Araceae

Genus: Philodendron

Tentang Genus Philodendron

Philodendron adalah tanaman “pencinta pohon” dalam arti mereka tumbuh dengan memanjat batang dan cabang di sebelahnya. Mereka pertama kali dimunculkan pada awal 1640-an dan ada 6 spesies berbeda yang diidentifikasi dan dikumpulkan. Segera, beberapa tambahan berbeda masuk ke dalam kategori ini dari berbagai belahan dunia.

Genus ini diciptakan dan diberi nama resmi sebagai Philodendron oleh Heinrich Wilhelm Schott pada tahun 1829. Saat ini, total 800 spesies berada di bawah payung ini. Mereka semua unik dalam hal bentuk, warna, dan ukuran, tetapi semuanya sama-sama populer untuk karena indah dan cerah. Philodendron adalah jenis tanaman hias yang sangat populer.

Asal dan Persebaran

Tanaman Philodendron pertama kali diidentifikasi pada tahun 1600-an, seperti yang disebutkan sebelumnya, dan sejak saat itu ratusan spesies telah ditambahkan ke dalam keluarga ini. Sebagian besar tanaman ini ditemukan tumbuh di daerah tropis Amerika serta Hindia Barat. Namun tumbuhan ini sangat terkenal dengan habitatnya yang beragam. Mereka lebih menyukai lingkungan yang lembab dan teduh di hutan hujan tropis, itulah sebabnya pengaturan dalam ruangan sangat cocok untuk mereka. Mereka juga ditemukan tumbuh di samping tepi sungai dan rawa-rawa, jadi terbukti bahwa mereka menyukai kelembapan.

Ciri Philodendron Paraiso Verde

Dedaunan dan Batang

Daunnya adalah ciri utamanya dan tidak mengherankan jika tanaman ini populer karena alasan ini. Mereka memiliki daun hijau yang panjang dan indah yang terkadang memiliki corak hijau yang berbeda di permukaannya. Variasi ini tergantung pada lingkungan tempat mereka diletakkan.

Jika Anda menerima sinar matahari yang optimal dan dalam jumlah yang sama, seluruh daun akan memiliki warna yang merata. Dalam kasus penyebaran sinar matahari yang tidak teratur, Anda mungkin melihat beberapa corak cahaya dan hijau tua pada dedaunan. Ditambah lagi, daunnya bisa tumbuh sepanjang beberapa cm mulai dari 12 hingga 25 cm.

Namun batangnya lebih kecil dari daunnya. Jika tanaman tumbuh lebih besar, dia mungkin perlu penyangga agar tetap tegak karena batangnya tidak akan mampu menahan berat daun. Penggunaan penyangga eksternal dalam bentuk batang atau vas yang lebih tinggi akan ideal.

Evergreen

Semua Philodendron memiliki dedaunan yang selalu hijau. Mereka tetap cerah dan cantik sepanjang tahun, tidak terpengaruh oleh musim.

Tinggi

Secara total, di bawah perawatan yang baik, tanaman ini dapat tumbuh setinggi 25 hingga 38 cm. Seperti disebutkan sebelumnya, mereka mungkin memerlukan semacam turus setelah mencapai ukuran maksimumnya.

Toleransi Suhu

Karena Philodendron Paraiso Verde berasal dari tumbuhan tropis, mereka dapat tumbuh dengan baik dalam suhu yang lebih hangat. Namun dingin tidak cocok untuknya. Paling baik jika Anda menyimpan tanaman ini di dalam ruangan atau di tempat yang lebih hangat di rumah selama musim dingin yang membekukan. Fluktuasi suhu yang ekstrim tidak dapat ditoleransi dengan baik oleh spesies ini.

Toleransi Kelembaban

Seperti semua philodendron lainnya, tanaman ini menyukai kelembapan di udara. Philo ini lebih suka tingkat tinggi 65 hingga 70% kelembaban di udara dan dapat mentolerir persentase yang lebih tinggi dari ini. Dengan demikian, jika Anda tinggal di lingkungan yang lembab, tanaman Anda akan sangat bahagia.

Tahan kekeringan

Karena tanaman ini menyukai kelembapan di udara dan kelembapan di tanah, mereka mungkin tidak akan tumbuh dengan baik di bawah kondisi kering dan kekurangan air. Jadi cobalah untuk tidak menguji kemampuan mereka dan menjaga mereka tetap terhidrasi dengan baik.

Toleransi Tekanan

Tanaman Philodendron Paraiso Verde memiliki daun yang keras dan kasar yang tidak hanya menghentikan kelembapan berlebihan yang keluar dari tanaman tetapi juga melindunginya dari tekanan. Dengan demikian, tanaman tidak akan langsung mati atau roboh dalam kondisi tekanan yang akut. Namun tekanan eksternal yang konsisten harus dihindari.

Resistensi Terhadap Penyakit dan Hama

Meski strukturnya kokoh, tanaman Verde tidak sepenuhnya tahan terhadap penyakit dan hama. Masalah umum yang dihadapi spesies ini termasuk penyakit hawar, ujung terbakar, bercak daun, dan warna coklat pada daun. Masalah hama termasuk kutu daun, kutu putih, tungau laba-laba, dan kutu sisik.

Faktor umum di antara semua masalah ini adalah bahwa tanaman sangat rentan untuk terserang jika berada dalam kondisi kehidupan yang tidak memadai atau tidak sesuai. Kelembaban yang terlalu tinggi atau tanah yang tergenang air dapat menjadi ancaman terbuka bagi hama dan infeksi.

Jadi, cara paling sederhana untuk menghindari semuanya bersama-sama adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin pada tanaman Anda. Pastikan tanaman Anda selalu bersih dan kering, dan tidak ada debu atau kelembapan berlebihan yang menumpuk di permukaannya.

Jika terjadi kejadian seperti itu, segera isolasi tanaman untuk mengendalikan penyebaran penyakit atau serangga, dan gunakan metode yang tepat untuk mengendalikannya. Metode ini termasuk menggunakan insektisida, fungisida, dan produk komersial lainnya untuk membunuh tamu yang tidak diinginkan.

Pertumbuhan

Laju pertumbuhan spesies ini sangat tergantung pada kondisi tempat mereka tumbuh. Di bawah lingkungan yang optimal, tanaman Philodendron Paraiso Verde tumbuh sangat cepat dan mulai berkecambah dalam beberapa minggu. Jika tidak, mereka membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk tumbuh menjadi ukuran yang cukup besar. Namun ini bukanlah masalah yang menjadi perhatian. Jika Anda memberikan yang terbaik yang Anda bisa, pastikan saja tanaman itu tumbuh dengan sehat jika tidak cepat.

Toksisitas

Seperti semua philodendron lainnya, yang satu ini juga mengandung zat berbahaya yang disebut kristal kalsium oksalat. Kristal ini tidak dapat dicerna dengan kadar berapa pun. Mereka dapat menyebabkan tanda dan gejala fisik seperti pembengkakan, nyeri, dan peradangan pada tubuh, mulai dari mulut hingga perut. Jadi, tanaman ini harus jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jika tertelan secara tidak sengaja, segera cari bantuan medis.

Daya tahan

Karena tanaman ini abadi dan sangat mudah dirawat, mereka bisa bertahan untuk waktu yang sangat lama. Mereka adalah tanaman langka sehingga merupakan investasi yang cukup besar. Untungnya, mereka cukup terjangkau dan akan hidup untuk waktu yang lama sehingga investasi Anda tidak akan sia-sia.

Pemeliharaan

Meski tergolong langka dan unik, yang mengherankan perawatannya cukup mudah. Mereka tidak meminta tambahan apa pun dalam hal uang, waktu, dan tenaga, jadi mereka cocok untuk orang yang memiliki jadwal sibuk atau tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk tanaman mereka secara teratur.

Dormansi

Selama musim dingin (di daerah empat musim), tanaman ini cenderung tumbuh lebih lambat. Anda harus memahami bahwa memberi mereka pupuk secara berlebihan atau menyiraminya lebih sering tidak akan membuat mereka tumbuh lebih cepat. Biarkan saja, beri mereka air sesuai kebutuhan, dan hindari memperbanyak atau memangkasnya selama periode ini. Dalam beberapa bulan, tanaman akan kembali normal.

Kebutuhan Philodendron Paraiso Verde

Perawatan Philodendron Paraiso Verde membutuhkan tanah yang lembab untuk menjaga tanaman tetap terhidrasi dengan baik. Gunakan pupuk berkualitas tinggi dan berikan banyak sinar matahari. Pastikan saja sinar matahari tidak langsung. Tanaman ini memiliki kebiasaan tumbuh yang indah secara alami sehingga Anda tidak perlu terlalu sering melakukan perawatan dan pemangkasan.

Air

Sirami tanaman sesering mungkin tetapi pastikan tanah memiliki cukup waktu untuk mengering sebelum setiap sesi. Jika Anda memutuskan untuk menyiram ulang tanah yang sudah basah, Anda akan membuat tanah jenuh dan tanaman mati lemas. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, rasakan tekstur tanah dengan jari-jari Anda atau gunakan alat pengukur kelembaban untuk memastikan bahwa bagian atas tanah sudah kering. Baru kemudian sirami tanaman lagi.

Kebutuhan air tanaman ini cenderung bervariasi antar musim, meningkat selama musim panas yang hangat dan menurun selama musim dingin.

Tanah

Drainase yang tepat di tanah merupakan bagian penting dari persyaratannya. Jika tanah tergenang air, akarnya akan busuk dan mati. Dengan demikian, tekstur tanah dan kemampuannya untuk mengalirkan air sekaligus menyerap dalam jumlah yang tepat merupakan faktor penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda dapat menggunakan campuran media tanam biasa yang kaya dan organik untuk tanaman ini. Ingatlah untuk menjaganya tetap lembab.

Sinar matahari

Dalam hal cahaya, tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari, tetapi tidak secara langsung. Anda dapat meletakkan tanaman di ruangan yang cukup terang di balik kerai dan tirai tipis. Namun memberi mereka paparan langsung sinar matahari bisa sangat merusak daunnya. Pertama-tama, itu akan membakarnya. Kedua, jika mereka adalah tanaman variegata, itu akan merusak pola indahnya. Karena mereka berasal dari daerah tropis, mereka lebih menyukai keteduhan daripada sinar matahari langsung. Jika Anda kesulitan menemukan tempat yang cocok untuk mereka, Anda selalu dapat menggunakan naungan untuk melembutkan cahaya yang menerpa daun.

Suhu

Tumbuhan ini tidak memiliki kisaran suhu tertentu, setidaknya bukan yang populer. Namun terbukti bahwa tanaman tropis ini lebih menyukai suhu yang lebih hangat daripada dingin. Oleh karena itu, jauhkan tanaman ini dari paparan langsung fluktuasi suhu yang keras, seperti AC, ventilator, dan langsung di depan jendela yang terbuka.

Kelembaban

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tanaman ini memerlukan tingkat kelembapan minimal 65 hingga 70%, dan juga dapat tumbuh dengan baik dalam jumlah di luar tingkat ini. Untuk memastikan tanaman hidup dalam kelembaban udara yang maksimal, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Humidifier dalam ruangan membuat hidup lebih mudah bagi penggemar tanaman hias. Anda dapat memasangnya di taman dalam ruangan dan membiarkannya melakukan tugasnya. Jika tidak, Anda bisa memisting tanaman secara teratur dengan air suling dalam botol semprot. Menempatkan tanaman di nampan kerikil berisi air juga merupakan cara rumahan yang efektif untuk memaksimalkan kelembapan di sekitar Philodendron.

Pupuk

Pemupukan rutin tergantung pada jenis pupuk yang digunakan. Jika Anda menggunakan pupuk lepas lambat, tiga sesi dalam setahun sudah cukup. Pupuk lepas cepat lainnya dapat diberikan selama berminggu-minggu, tepatnya 6 hingga 8 minggu.

Repotting

Jika Anda melihat akar tanaman tumbuh keluar dari lubang drainase, berarti perlu dilakukan pot ulang. Kejadian seperti itu biasanya tidak terjadi selama bertahun-tahun dan hanya membutuhkan pot ulang setiap tahun atau setiap beberapa tahun. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah di musim semi. Hindari melakukannya selama musim dingin.

Perawatan dan Pemangkasan

Untuk pertumbuhan yang baik dan sehat, Anda perlu memastikan bahwa tanaman selalu bersih dan kering. Basahi tanaman dengan air suling atau minyak Neem dan bersihkan. Ini tidak hanya akan membuat tanaman Anda terlihat berkilau dan cerah, tetapi juga akan menjauhkan serangga dan hama.

Budidaya dan Perbanyakan

Cara ideal untuk memperbanyak tanaman ini di rumah adalah dengan stek batang. Prosesnya mudah dan sederhana. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengambil beberapa stek dari Philodendron Paraiso Verde yang sehat, menanamnya di pot yang sesuai dengan tanah yang baik dan mengering dengan baik, dan meletakkannya dalam kondisi optimal. Langkah-langkah berikut akan membuat prosedur lebih mudah bagi Anda.

Pilih tanaman yang sehat tanpa pertumbuhan atau penyakit abnormal yang diketahui.

Potong beberapa stek batang menggunakan pisau tajam dan bersih.

Pastikan Anda membuang semua daun dari stek, menyisakan hanya dua atau tiga daun.

Tempatkan cuttingan di tanah lembab yang sesuai.

Letakkan pot di bawah lampu tidak langsung tapi terang, suhu hangat, dan banyak kelembapan.

Laju Pertumbuhan

Minggu 1-2: Tempatkan stek dalam campuran tanah yang sesuai dan dalam kondisi optimal. Beri banyak air dan beri pupuk sekali.

Minggu 2-3: Stek akan mulai bertunas jika semuanya berjalan dengan baik.

Minggu ke-3 dan seterusnya: Di bawah perawatan yang tepat dan air serta nutrisi yang konsisten, stek akan mulai berkembang menjadi tanaman Philodendron Paraiso Verde yang sehat. Anda akan melihat perkembangan akar yang baik dan dapat memindahkan tanaman ke pot yang lebih besar. Namun Anda harus ingat tanaman akan memakan waktu dan bisa berminggu-minggu dan berbulan-bulan sebelum sepenuhnya berkembang menjadi ukuran dewasa.

Memamerkan Philodendron Paraiso Verde

Kombinasi luar biasa dari daun cantik dan ukuran kecil membuatnya sempurna untuk dipajang di meja, rak, dan sudut kosong. Pengaturan dalam ruangan yang modern dan formal seperti kantor dan ruang TV paling cocok untuk tanaman ini.

Penutup

Philodendron Paraiso Verde adalah spesies cantik lainnya dari genus philodendron. Namun ini termasuk jenis tumbuhan langka sehingga tidak mudah didapatkan. Jika Anda mendapatkan salah satu dari ini, anggaplah diri Anda beruntung karena tidak hanya cantik sebagai tanaman hias, tetapi juga sangat mudah dirawat dan hasilnya mengesankan.

Komentar